Mohon tunggu...
Ahmad Rusdiana
Ahmad Rusdiana Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi Pendidikan, Penulis, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung-Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

“Learning to Explore, Develop, and Serve”

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengambil Peran dalam Proyek Kolaboratif: Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa untuk Masa depan Keprofesian

3 Oktober 2024   19:50 Diperbarui: 3 Oktober 2024   19:55 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dok. Pembelajaran Kelas Kolaboratif MK Sekolah Islam Terpadu V/D dan V/E Materi Pengembangan Program SIT, 2 Mhs perwaklan diperankan sebagai Pemateri Mempresentasikan Laporan Hasil Kuliah dalam POSTER (Kamis, 3/10/2024)

Mengambil Peran dalam Proyek Kolaboratif: Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa untuk Masa Depan Keprofesian

Opeh: A. Rusdiana

Di era globalisasi dan digitalisasi, keterampilan teknis saja tidak cukup. Soft skill seperti komunikasi, kerja sama, dan kepemimpinan menjadi krusial bagi kesuksesan karir. Bonus demografi 2030 memberikan peluang besar bagi Indonesia untuk memanfaatkan talenta mudanya, tetapi tantangan muncul dalam memastikan bahwa generasi muda siap dengan keterampilan yang relevan. Teori: Kolaborasi lintas disiplin merupakan salah satu cara efektif untuk mengembangkan soft skill.

Melalui proyek kolaboratif, mahasiswa dapat mengalami langsung dinamika kerja tim yang kompleks, meningkatkan kapasitas mereka dalam menghadapi tantangan dunia nyata. Konsep ini selaras dengan pendekatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk belajar di luar kelas dan terlibat dalam proyek-proyek kolaboratif dengan dunia industri dan komunitas. Meskipun sudah banyak program yang mendorong pengembangan soft skill di kampus, implementasi di lapangan sering kali belum optimal. Mahasiswa masih cenderung fokus pada hasil akademis, tanpa memberikan perhatian yang cukup pada keterampilan interpersonal yang dibutuhkan di dunia kerja. 

Pentingnya Tulisan Ini: Tulisan ini bertujuan untuk menggarisbawahi pentingnya mengambil peran aktif dalam proyek kolaboratif sebagai sarana mengembangkan soft skill mahasiswa. Hal ini tidak hanya mempersiapkan mereka untuk dunia kerja, tetapi juga mendukung tercapainya visi Indonesia Emas 2045. Untuk lebih mendalami dan memahami kepentingan itu, mari kita brake down satu persatu:

Pertama: Memupuk Keterampilan Komunikasi Efektif Proyek kolaboratif menuntut mahasiswa untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak, baik dalam tim maupun dengan stakeholder eksternal. Dalam situasi ini, mahasiswa belajar menyampaikan ide dengan jelas dan mendengarkan masukan dari orang lain. Kemampuan berkomunikasi secara efektif ini adalah soft skill yang sangat dibutuhkan di dunia kerja, terutama dalam lingkungan yang heterogen dan lintas budaya.

Kedua: Menghargai Ide dan Pendapat Orang Lain Di dalam tim kolaboratif, setiap anggota tim memiliki latar belakang, perspektif, dan keahlian yang berbeda. Mahasiswa dituntut untuk saling menghargai ide dan pendapat orang lain, bahkan ketika ada perbedaan pandangan. Pengalaman ini mengajarkan toleransi dan keterbukaan, yang sangat penting dalam kolaborasi lintas disiplin dan budaya di dunia kerja.

Ketiga: Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Dalam proyek kolaboratif, tantangan dan hambatan sering kali muncul. Mahasiswa perlu bekerja sama untuk menemukan solusi terbaik, memanfaatkan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Ini memperkuat kemampuan mereka dalam penyelesaian masalah yang menjadi salah satu keterampilan inti di dunia profesional.

Keempat: Pengalaman Kerja Tim Lintas Disiplin Proyek kolaboratif sering kali melibatkan mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu, memberikan mereka pengalaman bekerja dalam tim yang beragam. Ini membantu mereka untuk lebih fleksibel dalam memahami peran masing-masing anggota tim, serta mendorong pengembangan keterampilan lintas fungsional yang relevan di dunia kerja modern.

Kelima: Memperkuat Kepemimpinan dan Tanggung Jawab Setiap proyek kolaboratif memerlukan peran kepemimpinan, dan mahasiswa yang aktif terlibat dalam proyek semacam ini berkesempatan untuk memimpin tim. Mereka belajar mengambil tanggung jawab atas hasil kerja tim dan mengelola dinamika tim, yang meningkatkan kemampuan kepemimpinan mereka untuk masa depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun