Mohon tunggu...
Ahmad Rusdiana
Ahmad Rusdiana Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi Pendidikan, Penulis, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung-Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

“Learning to Explore, Develop, and Serve”

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengajaran Pantun di Sekolah/Madrasah: Menyiapkan Generasi Emas Indonesia di Era Bonus Demografi 2030

3 Agustus 2024   08:13 Diperbarui: 3 Agustus 2024   08:19 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Bumi Sukabumi; tersedia di https://www.bumisukabumi.my.id/2023/05/belajar-membuat-pantun-nasehat.

Pengajaran Pantun di Sekolah: Menyiapkan Generasi Emas Indonesia di Era Bonus Demografi 2030

Oleh: A. Rusdiana

Dalam konteks menjelang era bonus demografi pada tahun 2030, Indonesia menghadapi tantangan untuk mempersiapkan generasi muda yang kreatif dan berbudaya. Pantun, sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia, memiliki potensi besar untuk meningkatkan kecerdasan kultural dan kreatif siswa. Teori pembelajaran budaya menyatakan bahwa pengajaran yang mengintegrasikan elemen budaya lokal dapat memperkuat identitas dan keterampilan berpikir kritis. Namun, GAP yang ada adalah minimnya integrasi pantun dalam kurikulum sekolah, sehingga penting untuk mengeksplorasi metode pengajaran pantun yang efektif untuk mendukung perkembangan talenta muda.  Mari kita breakdown, satu persatu:

Pertama; Sejarah dan Makna Pantun; Mengajarkan sejarah pantun, termasuk asal-usul dan peranannya dalam budaya Indonesia, memberikan siswa konteks yang lebih mendalam tentang bentuk puisi ini. Memahami makna dan fungsi pantun dalam tradisi lisan membantu siswa menghargai nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. Pembelajaran ini dapat dilakukan melalui diskusi kelas, penelitian, dan pembacaan berbagai contoh pantun tradisional.

Kedua: Teknik Penulisan Pantun; Mengajarkan teknik penulisan pantun yang benar, termasuk struktur dan gaya bahasa, merupakan langkah penting. Siswa perlu mempelajari pola empat baris, dengan rima dan makna yang saling terkait. Aktivitas praktek seperti menulis pantun sendiri dan berlatih dalam kelompok dapat membantu siswa menguasai teknik ini dan merangsang kreativitas mereka.

Ketiga: Integrasi dalam Kurikulum Bahasa Indonesia; Pantun dapat diintegrasikan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui modul khusus atau sebagai bagian dari pelajaran sastra. Pengajaran dapat mencakup analisis pantun dalam teks-teks sastra, penulisan pantun kreatif, dan presentasi hasil karya siswa. Ini tidak hanya memperkaya kurikulum tetapi juga memberikan siswa keterampilan yang bermanfaat dalam komunikasi dan ekspresi diri.

Keempat: Integrasi dalam Mata Pelajaran Seni Budaya; Selain Bahasa Indonesia, pantun juga dapat dimasukkan dalam mata pelajaran seni budaya. Aktivitas seperti pertunjukan pantun, pembuatan video, atau pameran karya pantun dapat memperkenalkan siswa pada aspek artistik dari pantun. Ini juga menciptakan kesempatan untuk keterlibatan langsung dan kolaborasi dalam proyek kreatif.

Kelima: Pengembangan Talenta Muda dan Identitas Nasional; Pengajaran pantun dapat berkontribusi pada pengembangan talenta muda dengan memperkuat identitas nasional dan kearifan lokal. Pantun sebagai bentuk puisi tradisional dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan berkomunikasi. Integrasi pantun dalam pendidikan mendukung pembentukan karakter dan kecintaan pada budaya bangsa, yang penting untuk mempersiapkan generasi emas di era bonus demografi.

Singkatnya, pengajaran pantun di sekolah tidak hanya memperkaya kurikulum pendidikan tetapi juga mendukung pengembangan talenta muda dan pemeliharaan identitas budaya. Untuk memaksimalkan manfaatnya, disarankan agar pantun diintegrasikan secara menyeluruh dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan seni budaya, dengan metode pengajaran yang melibatkan praktik langsung dan eksplorasi kreatif. Pemerintah dan lembaga pendidikan harus mendukung inisiatif ini dengan menyediakan sumber daya dan pelatihan untuk guru agar pengajaran pantun dapat berjalan efektif dan bermanfaat bagi siswa. Tulisan ini diharapkan dapat menginspirasi pengajaran pantun yang lebih terintegrasi dalam kurikulum sekolah, mempersiapkan generasi muda yang siap menghadapi era bonus demografi dengan keterampilan kreatif dan pemahaman budaya yang kuat. Wallahu A'lam.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun