Mohon tunggu...
Ahmad fahmi andrian
Ahmad fahmi andrian Mohon Tunggu... Lainnya - tidak bekerja

hobi saya memasak dan menari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Perancangan Sistem Aplikasi Web pada Penjualan Nasi Uduk dengan Metode Waterfall

19 Desember 2022   10:30 Diperbarui: 19 Desember 2022   10:48 335
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rabu, 12 desember 2022 kami telah menyelesaikan kerja praktek yang beranggota 3 orang, Ahmad fahmi andrian, marfel crisly, dan wahyudin. dengan doesn pembimbing Bapak roeslan. pada kerja praktek kali ini kami dari mahasiswa universitas pamulang akan menganggkat tema "PERANCANGAN SISTEM APLIKASI WEB PADA PENJUALAN NASI UDUK DENGAN METODE WATERFALL". kerja praktek ini kami bertempat di warung nasi dengan owner bernama ibu uum yang beralamat kp. pabuaran rt 01 rw 04 bojonggede bogor.

Perkembangan komunikasi dan teknologi informasi merupakan kebutuhan yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Sistem penjualan dan promosi produk melalui internet sedang berkembang pesat. Perusahaan yang memanfaatkan teknologi berbasis web sebagai suatu strategi perusahaan dalam menawarkan produk kepada seluruh konsumen tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu. 

Aplikasi web merupakan sebuah sistem informasi yang mendukung interaksi pengguna melalui antarmuka berbasis web. Mulai dari perusahaan besar hingga usaha kecil dan menengah telah menjadikan sistem penjualan secara online sebagai sarana promosi yang murah dan terjangkau. Ibu pahmi merupakan seorang pelaku bisnis yang yang bergerak dibidang penjualan makanan yaitu nasi uduk yang berada di daerah Bogor. 

Nasi uduk adalah hidangan yang dibuat dari nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Hidangan ini mulai dibuat penduduk pulau Jawa sekitar tahun 1910-1924 dan dipopulerkan oleh Hindia Belanda setelahnya.

Selama ini rumah makan nasi uduk melayani pemesanan dan makan di tempat, atau via telepon. Untuk pemesanan ditempat customer dapat langsung ke rumah makan nasi uduk dengan membeli/memesan makanan yang tersedia, lalu membayar setelah pesanan dibungkus atau selesai makan. Untuk pemesanan via telepon, menghubung rumah makan nasi uduk customer menyebutkan nama dan alamat, customer memilih menu, customer service akan melakukan konfirmasi mengenai apa saja yang dipesan, pembayaran bisa dilakukan Ketika pesanan sampai di alamat customer. Kedua layanan pemesanan tersebut dicatat secara manual. Oleh karena itu pihak rumah makan nasi uduk ingin merubah atau merehab pemesanan & penjualan produk dengan sistem informasi secara online.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun