TANGERANG SELATAN, INDONESIA, 1 DESEMBER 2023 - Berdasarkan riset Suara UKM Negeri Vol 3 yang dikeluarkan Ninja Xpress, sebanyak 87% pengguna internet di Indonesia sudah pernah melakukan transaksi belanja online. Maka dari itu, dalam rangka meningkatkan pelayanan dan mendukung perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, Ninja Xpress perusahaan logistik terkemuka di Indonesia, menghadirkan solusi pengiriman yang cepat dan andal salah satunya melalui kerja sama dengan Lincah.id, aggregator pengiriman yang fokus pada pemberdayaan UKM di Indonesia.
Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelaku bisnis skala kecil dan menengah di tanah air. Para pelaku UKM sekarang dapat mengakses layanan pengiriman Ninja Xpress melalui aplikasi Ninja Biz ataupun melalui Lincah.id. Menurut Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress, "Ninja Xpress berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan solusi logistik yang memenuhi kebutuhan UKM. Kerjasama ini adalah langkah positif dalam mendukung pertumbuhan bisnis UKM agar selalu bisa berkompetisi secara global di era digital."
Berdasarkan survei Suara UKM Negeri Vol 1, pengiriman barang merupakan salah satu faktor penentu mengapa konsumen melakukan belanja online. Oleh karena itu, Ninja Xpress bersama Lincah.id memberikan tips dalam memilih partner pengiriman yang tepat bagi UKM, yaitu
1. Cari partner pengiriman yang dapat membantu Pelacakan dan Notifikasi Real-time
Dengan adanya teknologi pelacakan real-time, pelanggan dan penyedia layanan logistik dapat memonitor posisi dan status pengiriman dengan akurat. Sebagai contoh, terdapat fitur cek resi yang umumnya digunakan untuk melacak paket.
2. Cari partner pengiriman yang memiliki cakupan Area Pengiriman yang Luas
Pastikan partner pengiriman Anda dapat menjangkau banyak wilayah yang penting bagi bisnis Anda. Dengan cakupan yang luas, produk Anda dapat diantarkan dengan mudah ke berbagai tempat. Ini membantu memastikan bahwa layanan pengiriman dapat mencakup sebanyak mungkin area, mendukung pertumbuhan bisnis dan kepuasan pelanggan. Jadi, pastikan partner pengiriman Anda mampu mencakup wilayah yang relevan dengan bisnis Anda.
3. Cari partner pengiriman yang memiliki Customer Support yang Mudah dihubungi
Ketersediaan customer service yang responsif dapat sangat membantu ketika ada pertanyaan, perubahan, atau kendala selama proses pengiriman. Dengan memiliki customer service yang dapat dihubungi dengan mudah, Anda dapat mengatasi berbagai pertanyaan, masalah, atau kebutuhan yang mungkin muncul selama proses pengiriman.
4. Cari partner pengiriman yang memiliki jenis Layanan yang Sesuai dengan Kebutuhan
Selanjutnya, pastikan untuk memilih partner logistik yang menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Jika bisnis Anda berfokus pada penjualan produk segar, perhatikan bahwa pelanggan kemungkinan besar akan mengharapkan layanan pengiriman same-day delivery. Analisis kebutuhan pelanggan Anda dan pastikan bahwa partner logistik yang Anda pilih dapat memenuhi atau bahkan melebihi harapan mereka, menciptakan pengalaman belanja yang memuaskan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.