Mohon tunggu...
Ahmad Saukani Azra
Ahmad Saukani Azra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Marbot Musholah

Menulis sampai tinta habis.

Selanjutnya

Tutup

Ramadan

Puasa Setengah Hari

8 April 2023   18:49 Diperbarui: 8 April 2023   18:50 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Ketika usiaku masih berumur 11 tahun, aku tidak mengerti kenapa orang tidak boleh makan dan minum disiang hari. 

Setelah orang tua ku menjelaskan tentang kewajiban berpuasa, barulah aku mengerti walaupun pengertianku itu masih dangkal. Tapi anehnya pada bulan itu  ada saja  orang yang makan dan minum pada siang hari. Biasanya terlihat diwarung makan yang jendela serta pintunya tertutup seprei atau bahan spanduk.

Pada umur inilah pertama kalinya aku  "dipaksa" untuk tidak makan dan minum disiang hari selama satu bulan penuh. Mengapa dipaksa? Karena aku waktu itu tidak mau berpuasa. Takut kelaperan, apalagi aku doyan makan.

Karena baru tahap belajar, aku hanya  berpuasa hanya sampai dzhuhur saja. Alhamdulillah program puasa Setengah hari berlangsung lancar, yang penting niat kata ibuku.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun