- Merupakan diferensiasi sebagai akibat dari arah perkembangan manusia (menuju kompleksitas). Kebahagiaan seseorang zaman sekarang berbeda dengan kebahagiaan orang zaman dahulu.
- Menghargai diri sendiri, kebahagiaan dan kesejahteraan dalam menghadapi kehidupan
- Salah satu tugas perkembangan yang dianggap paling penting adalah emansipasi
- Influence Factors in human development
- Heredity (keturunan/ Pembawaan)
- Physical environment
- Prenatal : kesehatan ibu, gizi ibu, pemakainan bahan kimia oleh ibu, keadaan dan keaagangan emosi ibu.
- Natal : Jenis kelahiran (normal/ susang, operasi Caesar), pengobatan ibu
- Post natal: jenis kelamin, umur, gizi, perawatan, kepekaan terhadap penyakit, penyakit kronis, hormone-hormon, sikap ortu, stimulasi.
- Social environtment, family, school
- Masa ini sangat mempengaruhi faktor pertumbuhan manusia)
- Maturation (kematangan) Anak sekarang kematangannya lebih cepat dari pada anak anak zaman dahulu. Dampak ini mungkin disebabkan oleh cepatnya informasi dari media media yang berkembang zaman sekarang.
- Normative and nonnormative influence
- Economical status. Anak yang berstatus ekonomi kelas menengah atas lebih percaya diri dari pada anak yang berstatus ekonomi kelas menengah kebawah. Pembentukan kepribadian yang terbentuk dari kelas ekonomi yang berbeda beda maka akan berdampak juga pada pembentukan kepribadian seorang anak.
- Cutlture. Budaya dapat mempengaruhi pola pikir seorang manusia. Orang orang jawa tidak suka hidup bermigrasi keaerah daerah lain berbeda dengan Orang orang pulau selain pulau jawa seperti orang orang minang, padang, dan masih banyak lagi.
Teori Perkembangan
- Teori Biologis
- Sinonim dari evolusi
- Perkembangan berbanding lurus dengan pertumbuhan yang tidak berubah lagi
- Teori lingkungan
- Disebut juga teori belajar, milie (lingkungan primer), sosialisasi yang bersifat positifis dan sosiologis
- Dalam bahasa antropologi disebut enkulturasi
- Tiga pokok model belajar pada manusia : Belajar sensori motoric, belajar social dan belajar kognitif.
- Adanya watak social
Teori Psikidinamika
- Digawangi oleh tokoh besar psikologi, Sigmund freud
- Terdapat kesamaan dengan teori lingkungan tentang pentingnya lingkungan dalam perkembangan manusia
- Ketegangan berasal pada dinamika struktur kepribadian manusia yang terdiri dari id(das Es), Ego (das Isc), dan super ego (das Uber-ich)
Teori kerohanian
- Digawangi oleh Eduard Sparanger (1882-1962) yang menitikberatkan pada kekhususuan individu bukan berdasarkan gejala fisik melainkan pada proses mengerti.
Teori Interaksionisme
- Teori yang melihat perkembangan sebagai interaksi yang organis dan dinamis antara faktor genotip dan lingkungan (endogen dan eksogen) yang ditentukan oleh inisiatif dan respon pribadi
Masa pada kehidupan manusia
- Masa prenatal
- Mulai dari konsepsi usia 9 bulan dalam kandungan ibu
- Masa Natal
- 0-14 hari
- Masa remaja (11/12/-13/14 tahun)
- Masa dewasa
- Merupakan diferensiasi sebagai akibat dari arah perkembangan manusia (menuju kompleksitas). Kebahagiaan seseorang zaman sekarang berbeda dengan kebahagiaan orang zaman dahulu.
- Menghargai diri sendiri, kebahagiaan dan kesejahteraan dalam menghadapi kehidupan
- Salah satu tugas perkembangan yang dianggap paling penting adalah emansipasi
- Influence Factors in human development
- Heredity (keturunan/ Pembawaan)
- Physical environment
- Prenatal : kesehatan ibu, gizi ibu, pemakainan bahan kimia oleh ibu, keadaan dan keaagangan emosi ibu.
- Natal : Jenis kelahiran (normal/ susang, operasi Caesar), pengobatan ibu
- Post natal: jenis kelamin, umur, gizi, perawatan, kepekaan terhadap penyakit, penyakit kronis, hormone-hormon, sikap ortu, stimulasi.
- Social environtment, family, school
- Masa ini sangat mempengaruhi faktor pertumbuhan manusia)
- Maturation (kematangan) Anak sekarang kematangannya lebih cepat dari pada anak anak zaman dahulu. Dampak ini mungkin disebabkan oleh cepatnya informasi dari media media yang berkembang zaman sekarang.
- Normative and nonnormative influence
- Economical status. Anak yang berstatus ekonomi kelas menengah atas lebih percaya diri dari pada anak yang berstatus ekonomi kelas menengah kebawah. Pembentukan kepribadian yang terbentuk dari kelas ekonomi yang berbeda beda maka akan berdampak juga pada pembentukan kepribadian seorang anak.
- Cutlture. Budaya dapat mempengaruhi pola pikir seorang manusia. Orang orang jawa tidak suka hidup bermigrasi keaerah daerah lain berbeda dengan Orang orang pulau selain pulau jawa seperti orang orang minang, padang, dan masih banyak lagi.
Teori Perkembangan
- Teori Biologis
- Sinonim dari evolusi
- Perkembangan berbanding lurus dengan pertumbuhan yang tidak berubah lagi
- Teori lingkungan
- Disebut juga teori belajar, milie (lingkungan primer), sosialisasi yang bersifat positifis dan sosiologis
- Dalam bahasa antropologi disebut enkulturasi
- Tiga pokok model belajar pada manusia : Belajar sensori motoric, belajar social dan belajar kognitif.
- Adanya watak social
Teori Psikidinamika
- Digawangi oleh tokoh besar psikologi, Sigmund freud
- Terdapat kesamaan dengan teori lingkungan tentang pentingnya lingkungan dalam perkembangan manusia
- Ketegangan berasal pada dinamika struktur kepribadian manusia yang terdiri dari id(das Es), Ego (das Isc), dan super ego (das Uber-ich)
Teori kerohanian
- Digawangi oleh Eduard Sparanger (1882-1962) yang menitikberatkan pada kekhususuan individu bukan berdasarkan gejala fisik melainkan pada proses mengerti.
Teori Interaksionisme
- Teori yang melihat perkembangan sebagai interaksi yang organis dan dinamis antara faktor genotip dan lingkungan (endogen dan eksogen) yang ditentukan oleh inisiatif dan respon pribadi
Masa pada kehidupan manusia
- Masa prenatal
- Mulai dari konsepsi usia 9 bulan dalam kandungan ibu
- Masa Natal
- 0-14 hari
- Masa remaja (11/12/-13/14 tahun)
- Masa dewasa
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!