Content creator adalah seseorang yang membuat konten. sebelumnya siapa sih yang bisa dikatakan sebagai Content Creator dan apa peran para pembuat konten tersebut?. Nah pada artikel ini saya sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan ingin memberikan pengalaman saya menjadi seorang pembuat konten. kembali ke pertanyaan di awal siapa sih content creator? Content Creator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memberikan informasi ke media terutama media sosial, jadi seorang pembuat konten tersebut memberikan materi atau informasi yang menghibur atau yang mengedukasi para pengikutnya. Konten yang biasanya di buat adalah blog, video youtube, buku, podcasts, foto, dan sosial media serta masih banyak lagi bentuk content lainya yang dapat dihasilkan. Saya juga sebagai pembuat content pada bidang menulis di blog saya dan saya gemar membuat desain grafis atau infografis untuk media sosial. Pada awalnya saya sangat menggemari content video, foto dan desain grafis, sebelumnya saya berfikir bahwa kemampuan saya bukan di sini, saya tidak tahu mendesain saya tidak tahu cara fotografi yang benar sehingga menciptakan hasil yang baik, akan tetapi di saat menjadi mahasiswa dan bertemu teman-teman yang baik dan mempunyai kemampuan dalam bidang ini serta selalu di bombing oleh dosen-dosen hebat di kampus saya menjadi percaya diri dan mulai mencoba membuat konten.
Semua orang bisa menjadi seorang pembuat konten, namun ada yang membedakan dari pembuat konten biasa hingga pembuat konten yang luar biasa. Pembuat konten yang luar biasa dibutuhkan kemampuan berpikir kreatif, mengatur, menganalisa, dan disiplin tinggi. Karena kita sebagai pembuat konten harus rutin membangun personal brand kita agar para penonton atau pengikut-pengikut kita menjadi lebih percaya terhadap konten yang kita buat. Apakah arti dari sebuah conten creator dan peranan penting dari sebuah konten yang kita buat?
Konten memberikan pengaruh terhadap pengikut untuk mengambil Tindakan. Dengan conten creator menjadi sebuah Langkah di dunia bisnis dalam mempromosikan produk-produk nya ke publik, melalui conten creator para pebisnis sangat di untungkan oleh karena itu banyak bisnis yang sangat membutuhkan para pembuat konten, lantas kenapa sebuah konten akan memberikan perubahan perilaku pada penontonnya atau pengikutnya, jadi para content creator akan memberikan informasi dan sebuah ulasan pada produk yang sedang di review oleh sorang pembuat konten dalam hal tersebut tentunya menimbulkan kepercayaan bagi penonton sebagai calon pembeli barang, yang pada awalnya tidak terlalu yakin menjadi sangat yakin sehigga dia memutuskan untuk membelinya. Konten yang menarik akan menarik orang kepada brand yang telah di promosikannya. Konten adalah sebuah inti dari sebuah brand karena kontenlah yang menuntun pelanggan menjadi pelanggan setia kita.
Modal utama menjadi content creator pastinya dibutuhkan modal PASSION. Setiap skill seseorang bisa dilatih, networking bisa dicari. Tuhan sudah memberikan akal sehat dan pola pikir yang baik sehingga kita sebagai manusia pasti memiliki jiwa kreatif dan selera tersendiri. Jadi, kita tidak perlu khawatir tidak bisa menuangkan kreasi. Semua bisa di pelajari asal kita punya passion dan semangat yang baik. Apalagi melihat zaman sekarang yang semuanya serba simpel dan mudah dilakukan oleh semua orang. Pakai smartphone seseorang tentunya bisa langsung berkreasi dari fotografi atau desainnya. Menurut saya hal yang paling penting yaitu terus berkarya. Hal sekecil apa pun yang anda buat adalah sebuah karya. Jadi saya sangat percaya bahwa setiap orang pasti bisa berkarya.
Pada dasarnya proses pembuatan konten ini melibatkan kreativitas seseorang. Kreativitas ini nantinya akan membuat atau yang menjadi alat bagi pembuat konten agar orang-orang mau melihat konten yang telah kita buat. Disisi lain proses pembuatan kontenjuka tidak sekedar menganalkan kreativitas saja, akan tetapi mengandalkan peluang dan analogi agar tahu apa yang di perlukan dan apa yang disukai oleh para penonton. Seorang konten creator harus memiliki rasa haus akan pengetahuan. Seorang content creator harus banyak sekali membaca, mempunyai relasi yang baik terhadap creator lainya. Harus bisa membaca peluang audiens atau penonton. Hal ini menjadi solusi agar ide-ide kita menjadi update dan tidak monoton.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H