Mohon tunggu...
Ruven Julian
Ruven Julian Mohon Tunggu... Administrasi - Murid mb2

Suka maen game

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Tantangan Membuka Bisnis Gym di Indonesia

30 Maret 2024   15:28 Diperbarui: 30 Maret 2024   15:30 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Tantangan Membuka Bisnis Gym di Indonesia

Kita semua mengetahui pentingnya kesehatan tubuh yang aktif. Itu mengapa kita butuh berolahraga dengan minimum 150 menit per minggu atau 30 menit per hari atau minimal 3-5 hari per minggu menurut Departemen Kesehatan dan Pelayanan Kemanusiaan karena meningkatkan kesehatan otak, membantu mengatur berat badan, mengurangi risiko penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Yang Dipermudah juga dengan Industri kebugaran di Indonesia yang terus berkembang seiring waktu dengan adanya kesadaran dari masyarakat akan pentingnya hidup sehat dan aktif. Ada beberapa cara untuk berolahraga salah satu contohnya adalah gym. Gym adalah singkatan dari "gymnasium," yang dalam konteks umum merujuk pada tempat fitness yang dilengkapi dengan peralatan untuk latihan fisik dan olahraga.  

Karena meningkatnya masyarakat-masyarakat yang ingin mengikuti gym karena zaman yang baru dan dimana banyak fitness influencers yang merekomendasi masyarakat-masyarakat untuk memulai olahraga melalui gym tentu saja menambahnya banyak pengusaha yang ingin membuka bisnis gymdi indonesia. Namun, adanya halangan dengan membuka bisnis gym di indonesia berikut ini adalah beberapa hal utama yang dihadapi oleh para pengusaha bisnis gym di indonesia serta strategi atau solusi untuk mengatasinya:

Pertama adalah lokasi yang strategis, pilihlah lokasi yang mudah diakses masyarakat dari segi transportasi ataupun dari segi populasi karena lingkungan yang padat dengan lalu lintas penjalan kaki melebihkan kemungkinan masyarakat untuk mengunjungi gym dibandingkan tempat yang jarang dilihat atau tempat yang terisolisasi. Pastikan juga ada tempat parkir yang cukup untuk jumlah member yang gym anda miliki. Kedua adalah fasilitas dan peralatan yang lengkap pastikan peralatan mencukupi semua aspek yang dibutuhi seperti alat kardio (treadmill dan sepeda statis), alat beban(barbel dan dumbbell), alat kaki, alat keseimbangan, alat stabilitas serta tempat untuk duduk dan beristirahat serta tempat untuk isi minum dan alat tersebut harus memiliki standar yang tinggi dan modern agar tidak kalah saing dengan gym laen disekitar. 

Ketiga adalah harga biaya operasi dan harga membership, dengan lokasi dan peralatan tentukanlah harga yang sesuai agar tidak kalah saing dengan tempat gym lainnya, hitungkanlah biaya operasinya seperti: sewa tempat,biaya peralatan, biaya staf , biaya listrik dan lainnya. Pemilik gym dapat menambah pendapatannya dengan menyediakan layanan extra contohnya seperti: private trainer(PT), program kebugaran berkelompok dengan anggota lain, dan juga saran diet dengan menjual contohnya protein shake. Keempat adalah hutang yaitu sejumlah uang yang dipinjam oleh pemilik gym dari lembaga keuangan atau pemberi pinjaman untuk mengoperasikan atau memperluas bisnis gymnya, jika utang yang diperoleh terlalu besar atau tidak bisa dibayar dengan penghasilan bulanan dari gym tersebut maka kemungkinan besar bahwa usaha bisnis akan gagal. Usahakan mengamankan pinjaman yang berbunga rendah dan juga membayar hutang tepat waktu untuk mengurangkan total utang.

Kelima dan terakhir adalah pemasaran dan promosi, bagaimana caranya kita membuat masyarakat tertarik untuk melihat dan mengunjungi gym kita dibandingkan gym lainnya? Caranya adalah dengan promosi awal selenggarakan diskon untuk pelanggan baru agar mereka tertarik untuk mencoba layanan gym anda. Cara lainnya ada juga melewati media sosial, gunakan platform media seperti instagram, facebook, tiktok, twitter dan lainnya untuk mempromosikan gym anda posting konten kepada platform media tersebut dapat menarik pelanggan baru. Contoh konten yang dapat anda lakukan adalah video fasilitas, video promosi, video private training dan lainnya.

Jadi secara kesimpulan tersebut ada beberapa tantangan yang kita perlu hadapi dalam membuka bisnis gym di indonesia, namun tantangan tersebut dapat diatasi dengan strategi atau cara yang tepat. Lokasi yang strategis, fasilitas dan peralatan yang lengkap, harga biaya operasi dan harga membership bulanan, pengelola hutang yang bijaksana dan pemasaran dan promosi yang efektif adalah faktor faktor yang kita perlu perhatikan untuk membuat bisnis gym kita sukses dan berjalan dengan baik. Dengan hal tersebut kita memiliki peluang untuk berkembang dan memiliki bisnis gym yang sukses di indonesia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun