INFORMASI UMUM
1. Identifikasi Sekolah
Penyusun : Agy Hafidzah Sukmaningrum
Sekolah : SMAN 7 Surakarta
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/ Semester : XI / Gasal
Fase : F
Materi Pokok : Kinematika Gerak
Alokasi Waktu : 1 Minggu x 3 jam pelajaran @ 45 Menit
Jumlah Peserta didik : Maksimal 36 Siswa
Target Peserta didik : Reguler
Model Pembelajaran : Problem Base Learning (PBL).
2. Kompetensi Awal
Peserta didik pada materi sebelumnya telah memahami tentang konsep besaran dan satuan serta konsep vektor.
3. Profil Pelajar Pancasila
- Religius : Sikap dan perilaku yang mencerminkan keimanan, kepercayaan, dan ketaatan terhadap nilai-nilai agama dan spiritualitas serta menghormati keberagaman agama.
Berakhlak Mulia : Sikap, perilaku, dan tindakan yang tercermin dari moralitas tinggi, integritas, etika, dan kebajikan yang luhur. - Gotong Royong : Kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam bekerja sama dan saling membantu demi mecapai tujuan bersama disertai semangat, perasaan senang, dan
sikap positif ketika berada bersama dengan orang lain. - Mandiri : Kemampuan individu untuk mengambil tindakan inisiatif, bergerak secara bebas, dan memikirkan secara kritis untuk mengambil keputusan yang bijak dan dapat dipertanggung jawabkan.
- Bernalar Kritis : Kemampuan untuk mempertimbangkan, menganalisis, dan mengevaluasi permasalahan dari suatu suatu informasi yang didapat.
4. Sarana dan Prasarana (Sumber Belajar)
- Sarana : Ruang Kelas, Alat tulis, Buku tulis, LCD Proyektor, Laptop dan Hp.
- Prasarana : Internet, LKPD, Bahan ajar, Buku paket Fisika kelas XI, PPT, Classroom,
video pembelajaran, dan modul/referensi lain yang mendukung (web, blog, artikel, youtube, dll).
5. Target Peserta Didik
- Peserta didik Reguler Kelas 11 SMA
6. Model Pembelajaran
- Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran materi Kinematika Gerak ialah Problem Base Learning (PBL).
KOMPETEN INTI
A. ELEMEN/TOPIK
Pemahaman Fisika/Kinematika Gerak Lurus Beraturan
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Fase F, peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip vektor, kinematika dan dinamika gerak, fluida, gejala gelombang bunyi dan gelombang cahaya dalam menyelesaikan masalah, serta menerapkan prinsip dan konsep kalor dan termodinamika, dengan berbagai perubahannya dalam mesin kalor. Peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan (baik statis maupun dinamis) dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi, menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang elektromagnetik dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik mampu memahami prinsip-prinsip gerbang logika dan pemanfaatannya dalam sistem komputer dan perhitungan digital lainnya. Peserta didik mampu menganalisis keterkaitan antara berbagai besaran fisis pada teori relativitas khusus, gejala kuantum dan menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menggunakan video pembelajaran, peserta didik dapat menganalisis besaran fisika pada gerak lurus dengan kecepatan tetap dan percepatan tetap dengan tepat.
2. Melalui latihan soal, peserta didik dapat menghitung besar jarak, perpindahan, dan kecepatan dengan benar.
3. Melalui penjelasan PPT, peserta didik dapat mengkomunikasikan data gerak dalam bentuk tabel atau grafik s-t dengan tepat.