Akhir-akhir ini bangsa Israel kembali menjadi perbincangan hangat seiring invasi besar-besaran mereka ke Palestina. Meski demikian, perbincangan itu lebih mengerucut ke tema kemanusiaan dibanding politik. Hal ini sehubungan dengan semakin banyaknya korban jiwa berjatuhan dan tervisualisasikan melalui banyak video di dunia maya. Hasilnya, simpati berdatangan dari segala penjuru dunia, bahkan termasuk dari kalangan Yahudi sendiri terutama yang menetap di luar Israel, khususnya di Eropa.
Sebagai pemerhati sejarah yang banyak menemukan fakta bahwa seringkali ada kekuatan literasi dalam berbagai peristiwa besar dunia, maka saya berusaha mencari referensi tentang hal itu. Hasilnya saya dijodohkan dengan buku berjudul Zionisme: Gerakan Menaklukkan Dunia yang ditulis oleh Z.A. Maulani. Di bagian pengantar cetakan kedua buku ini diberikan keterangan bahwa buku ini mendapat sambutan yang sangat besar dari masyarakat. Buku tersebut telah mengundang serangkaian diskusi "bedah buku" yang melibatkan masyarakat luas, mulai dari pusat-pusat studi Islam di kampus-kampus seperti FISIP Universitas Indonesia Depok, FK Universitas Indonesia Salemba Jakarta, Universitas Negeri Jakarta Rawamangun, Universitas Krisnadwipayana Jakarta.
Selain kalangan perguruan tinggi, lembaga-lembaga kajian juga menggelar diskusi terkait kehadiran buku ini seperti Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) Bandung Jawa Barat, Gerakan Anti Zionisme (GAZA), Yayasan Amanah, Medan Sumatra Utara, serta badan-badan kajian di lingkungan masjid-masjid seperti masjid Arief Rahman Hakim kampus UI Salemba, masjid at-Taqwa, Pejaten Jakarta, masjid al-Musyawarah, Kemayoran Jakarta, dan sebagainya.
Rangkaian diskusi di atas menjadi satu pembuktian bahwa tema Zionisme masih menjadi daya pikat. Ini pulalah yang menyebabkan edisi kedua buku yang telah direvisi ini menjadi "Buku Laris" versi Kompas 6 Juli 2002. Meski sudah lebih dari dua dasawarsa sejak terbitnya, bagi penulis, uraian di awal-awal buku ini menarik untuk ditarik ke masa kini. Terlepas dari misi Zionisme itu sendiri, penulis ingin membagikan pesan bagaimana kekuatan literasi menjadi penggerak utama Zionisme dan mengubah nasib bangsa Israel dan kaum Yahudi.
Israel Pernah Mengalami Perpecahan dan Penguasaan
Israel awalnya adalah sebuah kerajaan. Di antara raja yang pernah memerintah adalah Rehoboam. Putra Nabi Sulaiman alaihissalam (as) ini melanjutkan tahta ayahnya sejak 926 SM. Berbeda dengan ayahnya, Rehoboam adalah penguasa yang dikenal ambisius dan keras kepala, tidak pernah menghiraukan pendapat dari para mantan penasihat ayahnya. Sikapnya ini memicu pemberontakan sepuluh suku Bani Israel yang berdiam di kawasan utara di bawah pimpinan Jeroboam. Adapun yang setia kepada Rehoboam menyisakan dua suku yaitu Judah dan Benyamin.
Kerajaan Israel terus mengalami perpecahan internal yang memicu pertumpahan darah dan perebutan kekuasaan hingga masa sekitar dua abad sejak berakhirnya masa Nabi Sulaiman as hingga mereka ditaklukkan oleh Assyria. Lalu pada tahun 734 SM, Kerajaan Israel di utara yang dibentuk oleh sepuluh suku Bani Israel mencoba bersekutu dengan raja-raja lainnya untuk melawan Assyria, yang menjadi imperium yang mendominasi Timur Tengah pada masa itu. Raja Assyria Tilgath-Pileser III menjawabnya dengan melancarkan serangan yang mematikan untuk menghancurkan persekutuan itu. Kerajaan Israel diserbu dan rakyatnya mengungsi meninggalkan Tanah Israel, bersebaran ke seluruh penjuru imperium Assyria.
Sepuluh tahun berikutnya, sisa-sisa Kerajaan Israel masih mengalami serbuan dua raja Assyria yang menyebabkan kehancuran total mereka. Sisa-sisa rakyat Israel mencoba menyelamatkan diri dengan menyebar ke berbagai negara hingga mereka dianggap hilang dari sejarah. Sebaliknya, di atas Tanah Israel itu bermunculan bangsa-bangsa baru yang didukung oleh Assyria. Mereka adalah bangsa Cathia, Babilonia, Elamia, dan Sushania. Mereka semua disebut sebagai kaum Samaria.
Berselang lebih seabad sejak Kerajaan Israel musnah, Babilonia di bawah Raja Nebukadnezar mengambialih kekuasaaan setelah mengalahkan Assyria. Nebukadnezar dua kali menyerang sisa-sisa bangsa Yahudi di Judah, menawan dan mengangkut mereka ke pembuangan di Babilon. Bahkan dalam serangan kedua, Haikal Sulaiman dibakar habis menyisakan satu dinding yang kini menjadi Tembok Ratapan kaum Yahudi.