Mohon tunggu...
Agustinus Yulian
Agustinus Yulian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

apabila ada hal yang kurang berkenan saya mohon maaf, saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

2020-2021 Harga VGA Melangit, 2022 Terjun Bebas, Kenapa?

2 Juli 2022   10:13 Diperbarui: 2 Juli 2022   10:40 2296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
source image : nvidia.com

VGA adalah singkatan dari Video Graphic Array. VGA merupakan hardware yang berfungsi untuk memproses grafis pada komputer ataupun laptop yang nantinya akan ditampilkan ke layar. Perkembangan VGA saat ini merupakan perang antar kedua perusahaan besar pembuat VGA yaitu Nvidia dan AMD. 

Di tahun 2020-2021 VGA mengalami kelangkaan dan peningkatan harga yang sangat signifikan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :

1. Tren crytocurrency yang semakin ramai di tahun 2021. Karena biasanya para miners membutuhkan banyak VGA untuk megoperasikan peralatan miningnya sehingga para miners memborong semua VGA dan membuat stok VGA semakin langka serta mahal.

2. Permasalahan seperti SDM, krisis pangan, kekeringan di China dan Taiwan, terlambatnya bahan baku,  berkurangnya shift kerja karena pandemi, dan permintaan secara internasional yang tidak bisa diimbangi datang dalam waktu yang hampir bersamaan.

3. Permintaan barang yang tinggi akibat pandemi Covid-19 yang membuat pembelajaran menjadi daring dan kerja dari rumah.

4. Ulah orang-orang yang memborong VGA untuk dijual kembali dengan harga lebih tinggi (Scalper VGA) dan juga Reseller Nakal yang menaikkan harga di atas rata-rata harga normal.

Itulah beberapa alasan mengapa VGA di tahun 2020-2021 mengalami kelangkaan dan kenaikan harga yang sangat tinggi. 

Sebagai contohnya untuk VGA Nvidia RTX 3080 yang di awal perilisannya memiliki harga resmi sekitar 13 jutaan, namun kenyataannya di pasaran tahun 2020 memiliki harga hingga 20 jutaan. Kemudian contoh lainnya adalah AMD Radeon RX 6700 XT yang memiliki harga resmi 8 jutaan namun di pasaran tahun 2021 harganya mencapai 15 jutaan.  Hal ini tentunya terlihat tidak lazim karena kenaikan harganya hingga 50% dari harga resminya. Lantas, apa yang membuat harga VGA tiba-tiba terjun bebas di 2022?

Di tahun 2022 ini, harga VGA mengalami penurunan yang drastis apabila dibandingkan dengan tahun 2020-2021, hal ini turut membuat harga komponen PC lainnya dan juga harga laptop mengalami penurunan. Beberapa hal yang mempengaruhi hal ini adalah :

1. Para Gamers dan Content Creator yang sudah lelah dengan harga VGA yang tidak masuk akal. Saat ini mereka memilih untuk menunggu harga VGA agar kembali stabil sehingga membuat permintaan di pasaran menjadi menurun.

2. ASUS mengumumkan akan menurunkan harga VGA mereka pada seri GPU Nvidia RTX 30-Series yang meliputi RTX 3050, RTX 3060, RTX 3080, RTX 3070, dan RTX 3090 hingga 25%.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun