Mohon tunggu...
Agustinus Gereda Tukan
Agustinus Gereda Tukan Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Hobi membaca dan menulis. Selain buku nonfiksi, menghasilkan tulisan narasi, cerpen, esai, artikel, yang termuat dalam berbagai media. Minat akan filsafat, bahasa, sastra, dan pendidikan. Moto: “Bukan banyaknya melainkan mutunya” yang mendorong berpikir kritis, kreatif, mengedepankan solusi dan pencerahan dalam setiap tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Teladan Kepahlawanan Guru: Dedikasi di Atas Harapan Penghasilan

10 November 2024   06:10 Diperbarui: 10 November 2024   07:02 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Setiap 10 November, Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk menghormati pengorbanan para pendahulu demi kemerdekaan. Tahun ini, tema "Teladani Pahlawanmu, Cintailah Negerimu" mengajak masyarakat untuk menginternalisasi nilai-nilai kepahlawanan, termasuk dalam karya pendidikan. Guru, sebagai pahlawan masa kini, berperan penting dalam membentuk generasi penerus meskipun menghadapi tantangan kesejahteraan. Artikel ini mengingatkan kita untuk menghargai dedikasi guru yang berjuang untuk pendidikan, mengajak kita untuk mendukung dan menghormati mereka sebagai bagian dari cinta kepada negeri.

Pahlawan Pendidikan dalam Bayang-Bayang Penghasilan yang Minim

Banyak guru di Indonesia menunjukkan dedikasi luar biasa dalam menjalankan tugas, meski dihadapkan pada penghasilan yang sering jauh dari cukup. Mereka tak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter generasi muda. Seperti yang dikatakan Ki Hadjar Dewantara, "Guru adalah seorang pelita bagi murid-muridnya," yang artinya guru menerangi jalan hidup anak-anak bangsa meski harus berjuang dalam keterbatasan. Mereka menjalani profesi ini bukan semata untuk mencari nafkah, melainkan sebagai panggilan untuk berbakti kepada bangsa.

Dedikasi guru tampak nyata dalam tindakan mereka yang sering rela mengeluarkan sebagian penghasilan untuk membantu siswa yang kurang mampu atau memperbaiki fasilitas sekolah. Banyak dari mereka juga meluangkan waktu di luar jam mengajar tanpa kompensasi yang memadai demi memberi yang terbaik bagi murid-muridnya. Hal ini menunjukkan bahwa bagi mereka, menjadi guru adalah tentang memberi, bukan menerima, terlepas dari minimnya penghasilan.

Para guru di daerah terpencil menghadapi tantangan berat, mulai dari penghasilan rendah yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari hingga akses yang sulit ke sekolah dengan fasilitas minim. Penghasilan yang rendah ini memengaruhi kesejahteraan pribadi dan keluarga mereka. Paus Yohanes Paulus II dalam Laborem Exercens (1981) menyatakan bahwa "upah yang adil adalah hak asasi pekerja," yang sangat relevan untuk kondisi para guru di Indonesia, di mana gaji sering tidak mencukupi kebutuhan dasar seperti kesehatan dan pendidikan anak.

Keadaan ini membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah dan masyarakat. Guru sebagai pahlawan pendidikan layak mendapatkan penghargaan lebih dari sekadar pujian. Menghargai pengorbanan mereka bukan hanya bentuk cinta pada pahlawan pendidikan, melainkan wujud cinta pada negeri. Kita bisa belajar dari ketulusan mereka dalam memberikan yang terbaik untuk bangsa dan generasi penerus.

Semangat Kepahlawanan Guru: Pengabdian di Setiap Ruang Kelas

Guru adalah pahlawan yang berperan dalam mengajarkan ilmu sekaligus menerapkan nilai-nilai penting seperti disiplin, integritas, dan cinta tanah air. Nilai-nilai ini menjadi dasar semangat kebangsaan dan moralitas yang diajarkan sebagai bekal bagi siswa dalam menghadapi masa depan. Danim dalam Menjadi Guru Profesional (2010) menyatakan bahwa "Guru yang baik tidak hanya berperan sebagai pendidik yang menguasai materi, tetapi juga sebagai pembawa nilai-nilai kehidupan." Melalui peran ini, guru berupaya menghidupkan semangat kepahlawanan di kelas dengan menanamkan sikap positif dalam diri siswa.

Guru juga mencontohkan pelayanan yang penuh kasih sayang dalam mendidik generasi penerus bangsa, seperti yang ditegaskan oleh Paus Fransiskus dalam Laudato Si' (2015), "kita semua dipanggil untuk menjadi pelayan yang menjaga, melindungi, dan mendidik sesama." Guru menanamkan cinta tanah air melalui pengajaran sejarah, budaya, dan kearifan lokal, menumbuhkan kebanggaan siswa terhadap bangsa. Ki Hadjar Dewantara menekankan pentingnya pendidikan dalam menumbuhkan rasa cinta dan tanggung jawab pada bangsa, yang terus diupayakan oleh para guru.

Selain mengajarkan ilmu, guru juga menanamkan nilai disiplin, integritas, dan tanggung jawab warga negara di kelas. Mereka menjadi agen perubahan, seperti yang dikatakan oleh Hasibuan dalam Peran Guru sebagai Agen Perubahan (2019), yang tidak hanya membekali siswa dengan ilmu pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter bangsa. Paus Benediktus XVI dalam Caritas in Veritate (2009) menekankan perlunya keseimbangan dalam pendidikan moral dan intelektual, agar siswa dapat tumbuh menjadi manusia yang utuh dan siap berperan aktif dalam masyarakat.

Tantangan yang Dihadapi Guru di Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun