Bangsa Indonesia merupakan himpunan dari kepingan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut beribu jumlahnya dan tentunya menjadikan ini lebih indah. Jika yang ada hanya Jawa maka tidak ada Indonesia, jika yang ada hanya Batak maka tidak ada Nusantara, bahkan jika yang ada hanya Toraja, Papua, dan Aceh, Indonesia pun belum tentu ada. Indonesia menjadi ada jika semuanya ada, suku di Indonesia maksudnya. Sebaran perbedaan ini tentunya telah terikat atau terhimpun oleh Pancasila sebagai ideologi dan bahari sebagai geografi.
Keragaman yang dimiliki bangsa ini sejak dulu kala merupakan keragaman yang harmonis. Tegur sapa, satu kepemilikan, berkumpul, saling mengejek (bukan menista) menjadi karakter yang dimiliki masyarakat Indonesia selaku masyarakat bahari. Kebudayaan bahari yang dimiliki bangsa ini merupakan citra khusus yang dimiliki serta ditunjukkan jauh sebelum negara ini diproklamasikan oleh pendiri bangsa.Â
Kehidupan yang harmonis sebagai produk keberagaman yang dirawat, semakin indah kelihatannya dengan ketersediaan sumber daya alam yang melimpah oleh Sang Pencipta. Kehidupan bangsa ini menjadi bak surga, sehingga tidak sedikit bangsa di belahan dunia ini sepertinya iri dengan semua yang dimiliki nusantara, dan tentunya itu merupakan sebuah realita yang tidak harus dan tidak membutuhkan ulasan.
Jika dua paragraf di atas menjelaskan suasana damai yang dimiliki bangsa ini dengan atribut yang positif seperti kehidupan harmonis, tegur sapa, satu kepemilikan, berkumpul, kelimpahan alam, hidup rukun, dan lain sebagainya, mengapa suasana tersebut seolah hilang tidak tersambung oleh medium waktu hingga saat ini. Â
Apa hal yang sengaja memutusnya? Â Apakah kolonial dengan rentang waktu tiga setengah abad dengan media devide et impera dengan tujuan untuk menguasai bumi nusantara, apakah teknologi dan westernisasi yang menggilas karakter kebangsaan, apakah demokrasi dengan dalih kebebasan, atau apakah kehadiran agama yang tidak dirawat yang disambut kedatangannya sejak abad keempat oleh kerajaan di nusantara?
Cenderung lebih kepada agama -tidak sedang men-generalisasikan pemahaman tetapi lebih kepada sudut pandang personal- karena agama mengajarkan kebaikan, saling menghargai, hidup rukun, dan berkeadilan. Semua yang diajarkan itu merupakan kedamaian yang mungkin tidak ditemukan pada kolonial, westernisasi, bahkan demokrasi saat ini. Agama diamanahkan untuk menyemaikan kedamaian selanjutnya merawat, bahkan menatanya kembali jika ditemukan kerusakan.Â
Jika proses ini dilakukan, kita akan menemukan kedamain dinamis yang memiliki progres terhadap kehidupan bangsa yang harmonis.Â
Sehingga agama tidak boleh menciptakan kedamaian statis, artinya kedamaian itu hanya berlaku dan terjalin pada satu golongan, sehingga jika terjadi usikan lintas golongan, maka usikan tersebut akan dianggap sebagai ejekan yang negatif, yang harus dituntaskan dengan amarah bukan lantas menganggap usikan itu sebagai ejekan yang positif yang hanya dianggap sebagai lelucon untuk sekedar mengisi suasana agar kelihatan terhibur, sehingga tidak perlu tercipta suasana tersinggung dan amarah. Usikan demikianlah yang merupakan usikan yang berpendidikan yang seharusnya tercitra dari diri bangsa Indonesia.
Kondisi yang terjadi pada bangsa kita saat ini menunjukkan bahwa nilai kedamaian bangsa sedang diuji. Kita harus membuka mata untuk melihat apa faktor yang menimbulkan suasana yang tidak damai ini. Jika saat ini kita mengatakan adanya konflik suku sebagai pemecah bangsa, kita harus dengan tegas manyatakan tidak, karena demikianlah adanya.Â
Fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa agama menjadi faktor pemicu konflik horizontal yang sedang terjadi. Saling serang dan saling menyalahkan antar pemeluk agama dengan jelas kita lihat dan rasakan melalui penyampaian langsung secara lisan yang sering dipertontonkan di media televisi, selanjutnya media sosial saat ini juga sangat ramai dan disibukkan dengan muatan saling menghujat oleh antar pemeluk agama. Â
Sangat menyedihkan rasanya jika kita melihat anak bangsa disibukkan untuk mengerjakan hal-hal yang tidak berguna tersebut. Usikan dengan cita rasa agama seperti ini diyakini sebagai alat yang paling cepat untuk merongrong kedamaian bangsa pada saat ini. Ditegaskan kembali, agama menjadi pemantik kerusakan nilai kedamaian saat ini.Â