Mohon tunggu...
Agustina Rahmawati
Agustina Rahmawati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Menulis

Being a teacher is pride, being one of the agents of change in education is a blessing.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai Diri-Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

2 Mei 2023   16:01 Diperbarui: 2 Mei 2023   16:05 638
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

3.2.a.3. Mulai dari Diri - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Agustina Rahmawati

CGP Angkatan 7 Kab. Klaten

Tujuan Pembelajaran Khusus:  

Mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.

1. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas. Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara komunitas (biotik) dengan lingkungannya (abiotik).

Bila sekolah adalah sebuah ekosistem maka Faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah meliputi faktor biotik dan abiotik yang berarti hubungan antar manusia dengan lingkungannya. Hubungan murid dan guru, murid dan murid juga hubungan antara murid dengan sarana sekolah.

2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

Selain sumber daya yang terlihat seperti bangunan, peralatan, dan buku, ada beberapa sumber daya lain yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah, yaitu:

  • Pengalaman dan pengetahuan guru: Guru adalah sumber daya terpenting di sekolah. Mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pembelajaran siswa.
  • Komunitas Lokal: Sekolah dapat memanfaatkan komunitas lokal untuk mengadakan kegiatan-kegiatan seperti lokakarya, seminar, atau kunjungan lapangan. Komunitas lokal juga dapat memberikan bantuan finansial atau sumber daya lainnya yang dapat membantu sekolah.
  • Alumni: Alumni dapat memberikan kontribusi dalam bentuk donasi atau pengalaman mereka di dunia kerja. Sekolah juga dapat memanfaatkan alumni untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada siswa.
  • Teknologi: Teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran siswa, seperti menggunakan aplikasi pembelajaran online, video pembelajaran, dan simulasi.
  • Keahlian dan Keterampilan siswa: Siswa memiliki keahlian dan keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk membantu sekolah, seperti desain grafis, fotografi, atau pembuatan film.
  • Mitra Industri: Sekolah dapat menjalin kemitraan dengan perusahaan atau industri untuk memberikan kesempatan magang atau kunjungan lapangan kepada siswa. Mitra industri juga dapat memberikan bantuan finansial atau sumber daya lainnya.

Sumber daya-sumber daya ini dapat dimanfaatkan oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermanfaat bagi siswa.

3. Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut. Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Saya membayangkan pemimpin atau kepala sekolah disana adalah:

  • Pemimpin yang dapat memimpin dengan baik dan bijaksana serta mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan;
  • Pemimpin yang bersedia memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah;
  • Pemimpin yang mampu menjadi teladan, panutan, pengabil keputusan, yang baik sehingga wibawa yang dimiliki akan menciptakan suasana yang positif untuk perkembangan dan kemajuan ekosistem sekolah yang berpihak pada murid.

4. Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Pemimpin dalam mengelola sumber daya memiliki peran peran aktif untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran dan keberlangsungan sekolah mulai dari perencanaan, pengewasan, pengambilan keputusan dan menjadi motivator untuk memajukan dan memberdayakan sumber daya yang ada di sekolah.

Sumber daya yang dimiliki sekolah meliputi : Visi misi sekolah, Kurikulum, Program kerja sekolah, keuangan, Kualitas guru, Kualitas peserta didik, Kepemimpinan, Sarana, Prasarana pendidikan dan media belajar, Penataan lingkungan sekolah, serta Lokasi strategis sekolah

5. Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah. Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Posisi saya dalam ekosistem sekolah adalah sebagai Guru dengan tugas tambahan sebagai wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum. Saya adalah seorang Guru yang selalu ingin menaikkan kualitas saya sebagai seorang Guru. Guru yang berkualitas dapat mendukung kemajuan ekosistem sekolah, dapat mengantarkan peserta didik menjadi berkualitas juga.

Kekuatan yang saya punya sebagai seorang Guru dan tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum adalah saya selalu mencari info terbaru dan mau belajar hal yang baru tentang pendidikan Indonesia. Saya selalu terbuka menerima perubahan kearah yang lebih baik, saya mandiri dalam menuntut ilmu untuk meningkatkan kualitas saya sebagai Guru. Yang tadinya guru gaptek teknologi, saya menjadi bisa misal menjadi Guru Youtuber dan Guru Blogger, saya suka berbagi, sehingga ilmua yang saya peroleh saya bagiakan, supaya ilmu saya bertambah dengan banyaknya sharring dengan orang lain.

Kelemahan yang saya miliki adalah saya belum bisa membagi waktu dengan benar, sehingga pekerjaan saya kadang terbengkelai. Kadang ada perasaan tidak terima saat ada orang yang mengkritik, tapi sekarang lebih bisa menerima dengan lapang dada dan sebagai pecutan untuk saya berkembang lebih baik lagi.

 6. Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

  • Diri sendiri : ingin menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya, dapat membagi waktu dengan baik, lebih bisa bermanfaat kepada sesama.
  • Murid : Murid saya mempunyai karakter yang baik seperti mandiri, jujur, dapat mengaplikasikan ilmua yang diperoleh di masyarakat, lebih bisa menghargai dan menghormati Guru nya.
  • Sekolah: Sekolah memberikan fasilitas yang lengkap, susasan nyaman dan aman untuk kegiatan belajar mengajar.

7. Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

Yang saya harapkan dari modul 3.2 ini adalah :

  • Materi mudah untuk dimengerti dan dipelajari. 
  • Materi kepemimpinan yang mudah untuk di terapkan di kelas dan di sekolah.
  • Modul ini dapat bermanfaat untuk mengembangkan kemapuan saya sebagai pemimpin pembelajaran, dapat menjadi panduan saya untuk bisa menjadi pemimpin yang baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun