Wow! Tahu-tahu sudah 127 tahun saja BRI eksis di Indonesia. Selamat HUT127BRI .... Semoga makin bisa melayani setulus hati.
Tahu-tahu pula BRI yang dahulu "bersahaja" sistem pelayanannya, kini telah beranjak menjadi serba modern. Sudah go digital. Tidak lagi cuma punya ATM dan mesin EDC. Sekarang bahkan ada layanan QRIS dan dompet digital (e-wallet) rupa-rupa.
Tersedia pula website yang mudah diakses siapa saja sejauh ada jaringan internet yang stabil. Di website tersebut, segala informasi tentang BRI beserta program-programnya tersedia. Untuk nasabah perseorangan ada. Untuk nasabah kategori UMKM pun ada.
Aplikasi BRImo yang dapat dengan mudah diunduh di gawai pun ada. Â Aplikasi ini memiliki fungsi beraneka ragam. Bisa untuk membayar macam-macam tagihan dan pastinya dapat untuk berbelanja secara daring.
Pendek kata, BRI telah amat banyak mengalami transformasi. Nasabah, baik perorangan maupun pelaku UMKM, telah dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas digital yang serba praktis. Yang sifatnya melintasi ruang dan waktu.
Hal tersebut pastilah memudahkan para pelaku UMKM dalam mengembangkan dan memasarkan produk. Sekaligus memudahkan proses pembelanjaan beserta cara pembayarannya.
Tak perlu mesti bertatap muka langsung dalam melakukan transaksi belanja. Sejauh saling percaya di antara penjual dan pembeli masih ada, semua pasti berjalan lancar.
Rumusannya jelas. Pembeli segera melunasi tagihan, sedangkan penjual tidak berkhianat dengan cara menjaga kualitas produknya.
Tansformasi BRI memang betul-betul dirancang agar bisa memfasilitasi UMKM-UMKM yang mau naik kelas. Terlebih kemudian dilengkapi dengan adanya UMKM EXPO (RT) BRILianpreneur yang menampilkan produk-produk UMKM yang keren dan kreatif.
Perlu diketahui, BRILianpreneur merupakan wujud nyata dari keterlibatan BRI untuk memajukan UMKM. Tepatnya untuk membuka peluang pasar global. Â
Selanjutnya, bila pasar global telah dikuasai, jumlah omzetnya pun terdongkrak. Berarti akan menyerap lebih banyak tenaga kerja untuk memenuhinya. Otomatis jumlah pendapatan UMKM juga meningkat.
Jika tiap UMKM bisa mendapatkan pencapaian seperti itu, dampak baiknya pasti besar. Bisa menyebabkan perekonomian bangsa menggeliat dinamis. Bahkan, meningkat dan berkembang.
Apakah semua UMKM bisa ikutan BRILianpreneur? Tentu saja bisa, asalkan mendaftar dan lolos proses kurasi.
Namun, para pelaku UMKM tak perlu terlalu bersedih bilamana mendaftar dan produknya tidak lolos kurasi. Tetap ada keuntungannya.
Karena semua UMKM yang mendaftar BRILianpreneur, baik yang lolos kurasi maupun yang tidak, sama-sama memperoleh masukan untuk perbaikan kualitas produk. Tujuannya supaya produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan berkualitas baik.
Dengan cara begitu, diharapkan UMKN bisa naik kelas. Dari yang semula literally usaha rumahan menjadi UMKM yang produksinya skala besar.
Sekali lagi, selamat HUT127BRI dan semangat terus untuk selalu menjadi BRIPahlawanFinansial.
Salam
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H