Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas XI Materi Q.S. Yunus: 40-41, dan Q.S. Al Maidah: 32 Melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya di Smk Adiwiyata Karanganar
Tahun Ajaran 2019/2020”
Agus Rumahno
agusrum53@gmail.com
SMK ADIWIYATA KARANGANYAR
Abstract: This research is to know whether the application of peer tutorial methods can improve the ability of the students reading the Qur'an of Class XI which has material Q.S. Yunus 40-41, dan Q.S. Al Maidah : 32. The subjects in this research are 18 students of XI at secon Semester Adiwiyata Senior High School. This research is a Class Action Research (PTK) which consists of 3 cycles, namely cycle I, cycle II and cycle III. Each cycle is a series of activities consist of 4 stages, namely planning, implementation, observation and reflection. This class action research uses data collection methods, namely oral tests, observation sheets and documentation. Analysis of the data used by comparing the achievement of learning outcomes each cycle is marked by the improvement in minimum completeness criteria (KKM) or using descriptive-qualitative. The result of the study is the increasing student ability to read the Qur'an of Class XI material Q.S. Yunus 40-41, dan Q.S. Al Maidah : 32. with peer tutorial method. The average grade at the pre-cycle stage is 69.78, in the first cycle rose to 75.89, in the second cycle increased again to 79.10 and in the third cycle increased again to 81.56. And classical completeness at the pre-cycle stage of 22.2%, in the first cycle to 44.4%, in the second cycle increased again to 77.7% and in the third cycle increased again to 100%. The results of the implementation of the third cycle has achieved full success, all students have exceeded the minimum completeness criteria (KKM) is 75. Based on the results of the ability to read the Qur'an can be concluded that through the method of peer tutorial can improve the student’s ability to read the Qur'an of Class XI Q.S. Q.S. Yunus 40-41, dan Q.S. Al Maidah : 32 Years Of Study 2022-2023.
Keywords: Islamic Religious Education, peer Tutor, ability to read the Qur'an
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI materi Q.S Q.S. Yunus 40-41, dan Q.S. Al Maidah : 32. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Semester II di SMK Adiwiyata Karanganar yang berjumlah 18 Orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus, yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes lisan, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan cara membandingkan pencapaian hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau menggunakan deskriptif-kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI materi Q.S. Yunus 40-41, dan Q.S. Al Maidah : 32 dengan metode tutor sebaya. Rata-rata kelas pada tahap pra siklus yaitu 69,78, pada siklus I naik menjadi 75,89, pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,10 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,56. Dan ketuntasan klasikal pada tahap pra siklus sebesar 22,2%, pada siklus I menjadi 44,4%, pada siklus II meningkat lagi menjadi 77,7% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 100%. Hasil pelaksanaan pada siklus III ini telah mencapai keberhasilan penuh, semua peserta didik sudah melebihi batas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Berdasarkan hasil dari kemampuan membaca Al-Qur’an tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI materi Q.S. Yunus 40-41, dan Q.S. Al Maidah : 32 Tahun Pelajaran 2019-2020.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Tutor sebaya, kemampuan membaca Al-Qur’an