Mohon tunggu...
agus hendrawan
agus hendrawan Mohon Tunggu... Guru - Tenaga Kependidikan

Pendidikan, menulis, berita, video, film, photografi, sinematografi, alam, perjalanan.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Maung Langkah Awal Menuju Mobil Nasional Indonesia

29 Oktober 2024   14:33 Diperbarui: 29 Oktober 2024   14:40 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Presiden Prabowo Subianto di Jalan Sudirman, Jakarta/ Minggu, 20-10-2024 (KOMPAS.com/ANTONIUS ADITYA MAHENDRA)

Pendahuluan

Sejak pertama kali diperkenalkan oleh PT. Pindad, kendaraan taktis Maung telah menarik perhatian saya, baik dari segi fungsionalitas maupun makna di balik namanya. Maung, yang berarti harimau dalam bahasa Sunda adalah simbol kekuatan, kelincahan, dan keberanian, karakteristik yang melekat pada hewan harimau dan masyarakat Jawa Barat yang bangga dengan warisan budaya ini.

Namun, bagi PT. Pindad, nama Maung juga membawa makna lain. Direktur PT. Pindad mengartikannya sebagai singkatan dari "Manusia Unggulan," yang diartikan sebagai sosok yang menginspirasi dan menjadi pionir, sebagaimana Prabowo Subianto yang memilih Maung sebagai kendaraan kepresidenannya. Kedua makna ini mewakili antara simbol lokal dan nilai nasional yang menyatukan identitas budaya dan aspirasi Indonesia menuju kemandirian industri pertahanan.

Maung, Dari Kearifan Lokal Menuju Kebanggaan Nasional

Nama Maung memiliki daya tarik yang unik: Di Jawa Barat, kata ini kerap digunakan untuk menyebut sesuatu yang kuat, tangguh, dan istimewa. Lihat saja tim sepak bola Persib Bandung yang dijuluki Si Maung Bandung, sebuah lambang kebanggaan masyarakat Sunda. Mengapa PT. Pindad, yang berbasis di Bandung, tidak menggunakan nama ini sebagai simbol lokalitas sekaligus kualitas unggul produk mereka?

Lebih dari itu, Maung juga melambangkan langkah awal Indonesia dalam menghasilkan kendaraan yang sepenuhnya buatan dalam negeri. Ini mengingatkan kita pada kejayaan Indonesia saat BJ Habibie memimpin proyek pesawat CN235 bersama Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Dengan ambisi serupa, Maung adalah upaya untuk menunjukkan bahwa kita mampu memproduksi kendaraan dengan kualitas terbaik di negeri sendiri.

Belajar dari Malaysia, Mengapa Kita Tidak Punya Mobil Nasional?

Ketika menyebut negara-negara yang berhasil membangun mobil nasional, Proton dari Malaysia sering dijadikan contoh. Kendaraan ini memberi dampak ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja dan meningkatkan keterampilan sumber daya manusia, di samping itu hal ini menjadi simbol kebanggaan nasional bagi rakyat Malaysia. Jika Malaysia bisa, tentu kita juga mampu.

Indonesia adalah negara dengan potensi besar di bidang manufaktur dan teknologi otomotif. Kendaraan Maung yang dipilih sebagai kendaraan kepresidenan adalah bukti nyata bahwa produk lokal kita telah mampu bersaing. 

Dengan dukungan penuh dari pemerintah, tidak mustahil suatu hari nanti kita akan melihat mobil nasional Indonesia diproduksi secara massal, layaknya Proton di Malaysia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun