Mohon tunggu...
Agus Farisi
Agus Farisi Mohon Tunggu... Mahasiswa -

Membaca, menulis dan berkarya

Selanjutnya

Tutup

Money

Analisis Peningkatan Kopi Terhadap Usaha Warung wi-fi

2 Maret 2018   19:56 Diperbarui: 2 Maret 2018   20:03 1375
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DALAM PEMASARAN WARUNG WIFI TERHADAP PEMBELIAN KOPI

(Dalam Tinjauan Anak Muda Jaman NOW)

Karya: Agus Farisi

Email: aguafarisi25@gmail.com

A. Latar Belakang

Dalam persaingan pemasaran apapun yang di hasilkan dalam prodaknya di Indonesia saat ini menjanjikan suatu peluang dan tantangan baru dimana suatu segmen pasar yang dimiliki oleh perusahaan dapat menyebar luas, keadaan ini mengakibatkan persaingan bisnis yang semakin kuat. Banyak perusahaan berlomba-lomba ataupun berbondong-bondong untuk menghasilkan prodak yang sempurna dalam menyajikan harimaunya kepada para konsumen. Dalam hal ini untuk menarik perhatian konsumen dari pesaing dengan tujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan citra perusahaan. Menurut Kotler (2000), cara yang di lakukan untuk mencapai keberhasilan dalam menjalankan suatu bisnis adalah dengan melakukan kegiatan pemasaran.

Mengembangkan prodak prusahaan tidak hanya dengan memanfaatkan faktor-faktor produksi semaksimal mungkin sehingga prodak menjadi berkualitas. Tetapi juga dengan tindakan pemasaran sehingga melalui pengembangan prodaknya tujuan yang ingin dicapai dapat sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dan ada kesuaian dengan keadaan pasar.

Kalau melihat prospek persaingan pemasaran pada tahun 2017 di Jember yaitu kegiatan pemasaran dalam bidang industri warung free wifi dengan menyajikan varian minuman dan makanan. Target utama adalah anak muda yang gentar akan media sosial dan para mahasiswa. Oleh sebab itu, banyak kaum pembisnis dan perusahaan yang saling bersaing untuk memperebutkan posisi pertama pada kedudukan Best Brand Industri Warung Free Wifi. Salah satu produk minuman yang memiliki potensi pemasaran cukup baik adalah Kopi Robusta dan Kopi Arabica.

Konsumen dalam memesan minuman pasti akan melalui tahap percobaan terlebih dahulu, pada tahap ini seringkali konsumen akan mencoba berbagai merek minuman lainnya yang berbeda. Jika dirasakan merek tersebut cocok dan memenuhi apa yang diharapkan dari produk sejenis, maka konsumen akan terus mencari merek tersebut. Brand atau merek adalah nama, istilah, tanda, simbol desain ataupun kombinasinya yang mengidentifikasi suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan (Durianto dan Budiman, 2004).

Kopi Robusta dan kopi Arabica merupakan kopi yang sangat banyak di minati oleh kalangan anak muda sebagai generasi Jaman Now. Dengan memesan kopi seharga 4000 saja, itupun sudah puas memakai wifinya, sehingga pulang sampai larut malam hanya dengan mengeluarkan biaya yang murah. Degan demikian, semakin banyaknya merek minuman lain yang ada di warung tongkrongan free wifi telah memberikan keleluasan bagi konsumen untuk memilih merek yang sesuai dengan selera, oleh karena itu sangat perlu bagi perusahaan untuk menganalisis perilaku konsumen minuman lainnya untuk mengetahui pola pembeliannya. Dengan banyaknya minuman yang ada di warung wifi akan mendorong perusahaan untuk bersaing mendapatkan calon konsumen melalui berbagai strategi yang tepat.

Inilah yang terjadi tren pemasaran di Kabupaten Jember dengan maraknya warung wifi yang di minati anak kaum muda sebagai anak jaman now. Sehingga hal ini penulis merumuskan dengan judul Pengaruh Citra Merek, Harga, Dalam Pemasaran Warung Wifi Terhadap Pembelian Kopi (Dalam Tinjauan Anak Muda Di Jaman Now).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun