Agus Fadlilah
Agus Fadlilah Mohon Tunggu... -

penulis merupakan mahasiswa fakultas teknik jurusan teknik industri 2011 universitas mercubuana jakarta

PO Agra mas, Si Merah Pemain Baru Jalur Pacitan

25 Februari 2012   10:14 Diperbarui: 4 April 2017   17:07 92
1330164775707519487

sekilas saya terkejut dengan sebuah postingan di bismania@yahoogroups.com yang menyebutkan bahwa  Agra Mas membuka jalur Jakrta-pacitan. Kebetulan pada saat itu tidak beberapa lama lagi saya akan menuju Pacitan. Ya sekedar nengok-nengok suasana di pacitan hehehe.

Dan tepat tanggal 17 februari saya berangkat dengan armada yang menjadi primadona di pacitan dia adalah Aneka Jaya yang sering saya naiki saat ke pacitan maupun balik lagi kejakarta. Tapi (kalo dalam bahasa inggrisnya itu “but” hehe) disini saya justru akan menceritakan perjalanan balik ke jakartanya hehe

Begini ceritanya hehehe. Waktu itu hari senin tanggal 20 Februari saya putuskan untuk pinjam motor karena di rumah mbah pacitan semua motor dipakai ke pasar dan langsung menuju terminal kota pacitan, waktu itu pukul 11:00 dan biasanya jam segitu agen yang ada di terminal sudah tutup semua, 10 menit kemudian tiba di terminal kebanggaan masyrakat pacitan ini dan benar saja hampir semua agen tutup pada jam segitu. tetapi mata saya langsung tertuju kepada sebuah agen Agra Mas yang masih buka dan ternyata setelah saya masuk dan tanya bahwa Agra mas juga melayani rute kalideres. Akhirnya saya putuskan untuk beli tiket tersebut dengan harga Rp 120.000,00 plus servis makan untuk pemberangkatan rabu 22 februari.

Besok hari selasa dan besoknya lagi hari rabu. Sebenarnya agak berat untuk pergi dari pacitan dan balik lagi ke jakarta. Hari Rabu itu pun tiba, paginya saya harus bergegas mengemas barang yang akan saya bawa, selesai mengemas dilanjut dengan membersihkan badan dan sarapan dan setelah itu pukul 08:30 langsung menuju ke terminal. Oiya, sebelumnya saya pamitan dulu dengan semua keluarga yang ada di pacitan. Dan ya 15 menit berselang saya tiba di terminal, disitulah sebuah jetbus RK8 agra mas sudah menunggu ku untuk pulang ke jakarta, tapi sayang saya hanya bisa menaiki jetbus itu sampai wonogiri. Dan pukul 10:00 jetbus pun meniggalkan kota pacitan

Tiba di terminal wonogiri saya lupa pada waktu itu jam berapa karena tidak melihat jam karena sibuk pindah bus dengan membawa barang-barang. Oper bus saya dapat seat  1B setelah itu bus langsung meninggalkan terminal wonogiri dan saya pun belum sempat makan siang karena bus tidak berhenti untuk istirahat makan siang (curhat yah hihihi) kemudian bus menuju satu persatu agen untuk mengambil penumpang dan menurut crew saat itu full seat untuk semua armadayang saya lihat kalo tidak salah ada 3 unit yang berangkat dari timur saat itu saya dapat unit dengan body setra AP Hino RG, sepanjang wonogiri-solo bus berjalan lambat dan sesekali berhenti dan ngetem di agen ya agak lama sedikit lah bahkan sempat memberi jalan aneka jaya untuk menyalip dalam batin saya kok bis seperti tidak jalan-jalan dan masih berkutat di sekitar solo.

Akhirnya selepas solo bus perlahan menunjukkan aksinya. Di tol semarang bus sempat melaju 120 km/h, sedikit tersendat di depan pabrik laksana karena ada kecelakaan motor, selepas itu bus pun menunjukkan aksinya dan korban pertamanya adalah new ismo kuning. Dan terlihat di depan ada aneka jaya yang sebelumnya menyalip Agra mas Rg. Dan inilah lawan yang sesungguhnya RG vs RG hehehe. Cukup sulit menyalip Aneka RG ini. Sesekali sopir agra mas memberikan dim dan klakson tapi ya tetap saja tidak mau dikasih hehe. Pertarungan pun selesai dan dimenangkan ooleh agra mas hehe karena berhasil menyalip lewat kiri AJ.

sampai kendal pukul 17:30. Disini tidak ada lawan sama sekali. Hanya truk-truk besar saja dan dengan mudah dilewati. Tepat pukul 19:00 masuk rumah makan Raos eco. Dan bis yang saya naiki B7171YK merupakan agra mas yang pertama masuk Rumah makan. Akhirnya makan juga hehe. Menunya ayam kecap dan sayur kacang, lumayan lah untuk mengisi perut hehe.

19:30 bus meninggalkan RM. Raos eco kemudian masuk pom di dekat rumah makan dan lanjut lagi menuju jakarta. Setelah itu saya tarik selimut dan tidur dengan pulasnya, terbangun ketika bus sudah berada di pekalongan dan di depan sudah ada Garuda mas marcopolo “wah,beruntung sekali saya terbangun dan pas dalam pertarungan dengan GM hehehe” berhasil menyalip Garuda mas markopolo dan saya pun kembali tertidur dengan pulas bangun ketika bus sudah memasuki daerah indramayu, tak ada lawan di jalur ini yang ada hanya truk-truk besar, sang sopir saya nilai cukup berani dalam bermanuver. Salut deh sama driver tengah ini.

Kalo tidak salah jam menunjukkan pukul 02:30 ketika bus saya memasuki daerah cikampek, bus sempat berputar-putar di cikampek dan masuk tol melalui gerbang tol karawang barat. Bus pun melaju cepat dan sang sopir kembali membuat manuver yang lumayan oke. Setengah perjalanan di tol kemudi pun beralih kepada driver pinggir dan melaju menusuri tol dalam kota memutar di pluit dan menuju kalideres serta pasar kemis

Tepat pukul 04:00 saya pun tiba di kalideres dan langsung menaiki ojek dan menuju rumah yang jaraknya sekitar 2 km dari terminal kalideres

*penilaian agra mas (menurut pendapat saya)*

Skor 1-10 (kalo mengikuti gaya mas ponirin hehe)

Keramahan kru = 9

Servis makan= 8

Kebersihan dan kerapihan=8

Ketepatan waktu=8

Penanganan barang=9

Kecepatan=9

Hiburan dalam bus=10

*sedikit masukan*

-estimasi waktu ngetem di setiap agen harus sedikit diperbaiki dan lebih berkomunikasi lagi untuk setiap agen, kapan bus sampai agen yang satu dan kapan bus sampai di agen berikutnya

-space untuk berjalan di dalam bus terlalu rapat (untuk armada yg setra lho hehe)

-pertahankan kelas vip untuk pacitan karena kelas itu cukup mudah di jangkau oleh masyarakat pacitan khususnya dan sangat nyaman

*over all*

Semua pelayanan cukup bagus tinggal di tingkatkan sedikit lagi untuk mencapai kepuasan penumpang dan tetap konsisten pelayanannya kepada penumpang tinggal sedikit tambah agen di wilayah barat agar bisa menggapai pelanggan lebih mudah. Cukup memuaskan untuk PO yang baru merintis jalur pacitan dan tanggapan yang lumayan antusias dari warga pacitan

*demikian catatan perjalanan saya, maklum saya seorang bismania hehe)*