Mohon tunggu...
Agung Webe
Agung Webe Mohon Tunggu... Penulis - Penulis buku tema-tema pengembangan potensi diri

Buku baru saya: GOD | Novel baru saya: DEWA RUCI | Menulis bagi saya merupakan perjalanan mengukir sejarah yang akan diwariskan tanpa pernah punah. Profil lengkap saya di http://ruangdiri.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Ingin Belajar Menulis Skenario? Ketahui Istilah Dasar Ini!

4 Agustus 2024   14:29 Diperbarui: 4 Agustus 2024   14:31 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat saya disodori skenario film yang diangkat dari novel saya, Diary Pramugari, untuk saya revisi, maka saat itu saya harus belajar bagaimana menulis skenario film dan istilah-istilah khusus yang digunakan di dalamnya. Bagi saya, seorang penulis novel yang memulai menulis skenario film, tentu tidak mudah karena menulis novel berbeda dengan menulis skenario film. Namun dengan belajar kita menjadi bisa. Dengan belajar yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Hampir sebulan lebih saya membolak-balik skenario yang saya terima untuk saya pelajari. Dan kini saya ingin membagikan beberapa istilah penting dalam penulisan skenario film yang saya ketahui.

Menulis skenario adalah seni yang memadukan kreativitas dengan teknik yang spesifik. Untuk menghasilkan skenario yang berkualitas, penulis perlu memahami dan menggunakan istilah-istilah dasar yang umum digunakan dalam industri perfilman. Mari kita bahas istilah-istilah penting dalam penulisan skenario dan memberikan contoh bagaimana istilah-istilah tersebut digunakan. Dengan memahami istilah-istilah ini, Anda dapat menulis skenario yang lebih profesional dan mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam produksi film.

1. INT./EXT. (Interior/Exterior)

Istilah ini digunakan untuk menunjukkan apakah adegan terjadi di dalam ruangan (Interior) atau di luar ruangan (Exterior). Penulisan ini selalu diikuti oleh lokasi dan waktu adegan.

Contoh:

INT. BANDARA -- SIANG

EXT. PELABUHAN -- SENJA

2. Slugline

Slugline, juga dikenal sebagai heading atau master scene heading, adalah baris yang mendeskripsikan lokasi dan waktu adegan. Slugline selalu ditulis dengan huruf besar.

Contoh:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun