Mohon tunggu...
Agung Webe
Agung Webe Mohon Tunggu... Penulis - Penulis buku tema-tema pengembangan potensi diri

Buku baru saya: GOD | Novel baru saya: DEWA RUCI | Menulis bagi saya merupakan perjalanan mengukir sejarah yang akan diwariskan tanpa pernah punah. Profil lengkap saya di http://ruangdiri.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengapa Harus Beragama Islam?

6 Juni 2019   08:50 Diperbarui: 6 Juni 2019   08:55 3297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: geotimes.co.id

Artikel ini saya tulis karena 'kegelisahan' saya ketika saya diajak oleh sebuah komunitas pemberdayaan ekonomi untuk memberdayakan ekonomi di daerah suku Badui. Awalnya saya tertarik diajak terlibat dalam program ini, karena berkaitan dengan penggalian potensi sumber daya manusia yang memang saya geluti. 

Namun saya memutuskan untuk tidak lanjut terlibat ketika mereka bercerita bahwa di dalam pemberdayaan ekonomi tersebut, mereka juga telah berhasil mengajak orang-orang Badui untuk beragama Islam, membangunkan rumah bagi komunitas Badui yang diusir dari komunitas sebelumnya karena memeluk Islam. 

Lebih lanjut mereka menjelaskan, bahwa pemberdayaan ekonomi adalah pintu awal untuk 'mengislamkan' mereka yang dianggap belum berada di jalan yang benar.

Pengalaman di atas hanya merupakan contoh pengalaman yang saya alami, bahwa ada orang yang memang ingin mengajak orang lain masuk dalam agamanya. Kegiatan mengajak orang lain agar tertarik masuk ke dalam agamanya tentu bukan merupakan 'kegiatan baru' dan di dalam semua agama ada oknum-oknum yang melakukan hal tersebut. Mereka secara terstruktur, sistematis dan sebagian masif, melakukan kampanye-kampanye agar semakin banyak orang yang bergabung ke dalam agamanya. 

Kalimat 'Kegelisahan' yang saya tulis di paragraf pertama merupakan pertanyaan bagi saya sendiri tentang;

"Mengapa harus menarik orang lain untuk bergabung ke dalam agamanya?"

"Apabila semua penduduk dunia sudah beragama yang sama, apakah akan menjamin dunia akan damai aman sejahtera?"

"Faktor apa yang mendasari tujuan seseorang melakukan kampanye pindah agama ke dalam agama yang dikampanyekan?"

Saya pernah membaca sebuah berita di internet: "Menurut sebuah surat kabar, "Milliyet" (surat kabar harian berbahasa Turki utama yang diterbitkan di Istanbul, Turki) melaporkan bahwa 35,000 Muslim Turki berpindah ke Kristen pada 2008. Sebuah studi 2015 memperkirakan sekitar 4,500 pengikut Yesus berasal dari latar belakang Muslim di Turki, sebagian besar adalah orang Turki."

(https://id.wikipedia.org/wiki/Pertumbuhan_populasi_Kristen)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun