Mohon tunggu...
Agung Webe
Agung Webe Mohon Tunggu... Penulis - Penulis buku tema-tema pengembangan potensi diri

Buku baru saya: GOD | Novel baru saya: DEWA RUCI | Menulis bagi saya merupakan perjalanan mengukir sejarah yang akan diwariskan tanpa pernah punah. Profil lengkap saya di http://ruangdiri.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Garuda Indonesia Brand Personality

5 Juli 2016   13:31 Diperbarui: 5 Juli 2016   13:52 307
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saat boeing seri 777-300ER yang merupakan armada baru datang untuk Garuda Indonesia, armada dengan fasilitas canggih bagi penumpang diharapkan dapat memperkokoh budaya service yang baru digulirkannya. 

Namun banyak Maskapai di dunia yang sudah memakai armada canggih ini, Jadi apabila Garuda hanya sekedar mengoperasikannya sebagai armada baru maka ia akan menjadi sama dengan maskapai lain yang memakai pesawat serupa. 

Pesaing terbesar Garuda dalam mengoperasikan Boeing 777 ini adalah Emirates yang merupakan pengguna 777 terbesar, disamping yang lain adalah: Japan Airlines, Singapore Airlines, Korean Airlines, Qatar Airlines. 

Apa yang dilakukan Garuda sehingga walaupun ia mengoperasikan armada yang sama,namun mempunyai sesuatu yang berbeda? Salah satunya adalah melahirkan 'budaya service' yang baru dengan menonjolkan 'brand personality' dari setiap insan yang terlibat di dalamnya. 

Perubahan ini sangat terlihat karena Garuda mengusung 'Warm, Bright, Positive, Real, Dynamic' sehingga siapapun pelanggan yang disambutnya maka 5 unsur dari budaya service Garuda Indonesia ini akan disuguhkan disana. 

Walaupun tentu saja di beberapa sektor masih terlihat kekurangan, namun setidaknya perubahan yang sudah mencapai 80% dari budaya lama yang bertransformasi ke budaya baru patut diacungi jempol mengingat bahwa setiap perubahan yang digulirkan pasti ada pro dan kontra baik dari dalam maupun dari luar. 

Seperti Garuda Indonesia, perlukah anda yang bergerak di bidang service membuat 'Brand Personality' untuk layanan anda? Saya mengatakan perlu karena untuk membuat pelanggan anda kembali kepada anda adalah dengan kuatnya 'Brand Personality' yang anda suguhkan. 

Salam

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun