"Kerja adalah kolaborasi. Bersama dengan kerendahan hati, penuh pengertian, dan semangat tim, kami mencapai hasil luar biasa."
Dalam era perubahan yang kompleks, cepat, dan tak terduga ini, penting bagi bagian Marketing, Sales, dan Customer Relation Management untuk mengadopsi etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lingkungan bisnis yang dinamis. Artikel ini berisi bahasan bagaimana mengarahkan sukses bisnis dengan menghidupkan 7 etos kerja pada karyawan-karyawan di bidang marketing, sales, dan customer relation.
Berikut adalah 7 etos kerja yang dianggap relevan untuk menghadapi tantangan saat ini, beserta alasan dan penjelasan. Urutan etos kerja berdasarkan tingkat penting dan strategis dapat berbeda tergantung pada konteks dan kebutuhan organisasi tertentu. Namun, berikut adalah urutan yang mungkin dapat dipertimbangkan:
#1. Kerja adalah adaptabilitas. Aku bekerja fleksibel penuh penyesuaian dan mengalir dengan keluwesan melampaui batasan untuk mencapai hasil luar biasa.
Etos kerja ini menyatakan bahwa kerja adalah tentang adaptabilitas. Dalam lingkungan bisnis yang cepat berubah, fleksibilitas dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan menjadi kunci kesuksesan. Karyawan diharapkan untuk mengatasi batasan dan bersedia mencoba pendekatan baru guna mencapai hasil luar biasa.
Dalam departemen sales, marketing, dan customer relation perusahaan top dunia, etos ini sangat penting untuk mencapai dan melebihi target penjualan dan kinerja. Karyawan yang menunjukkan adaptabilitas cenderung lebih mudah berkolaborasi dengan tim lain dan mendapatkan dukungan manajemen karena kemampuan mereka dalam menghadapi situasi yang kompleks.
#2. Kerja adalah inovasi. Aku menggali ide-ide kreatif dengan penuh semangat untuk mencapai kemajuan yang tak terbatas.
Etos kerja ini menyatakan bahwa kerja adalah tentang inovasi. Karyawan diharapkan mencari ide-ide kreatif dengan semangat untuk mengatasi tantangan bisnis yang kompleks. Inovasi menjadi kunci untuk pertumbuhan dan keunggulan dalam pasar yang kompetitif.
Dalam lingkungan bisnis yang pesat dan kompetitif, inovasi membedakan perusahaan dari pesaingnya. Tim di departemen sales, marketing, dan customer relation harus proaktif mencari cara baru untuk meningkatkan penjualan dan memperbaiki pengalaman pelanggan.
Karyawan diharapkan berpikir di luar kotak dan mengambil risiko yang terkendali. Inovasi dapat berasal dari pemahaman pelanggan, teknologi terbaru, serta strategi pemasaran yang unik dan efektif.