Strategi kreatif iklan rumah makan padang payakumbuahÂ
Persaingan bisnis saat ini membuat kita membeli makanan harus berkompetisi dengan rumah makan lainnya yang juga agresif beriklan. Diperlukan strategi kreatif iklan yang tepat. Dalam konteks ini, strategi kreatif iklan yang dimaksud adalah iklan yang menggunakan media sosial yakni instagram. strategi kreatif iklan salah satu rumah makan padang di Indonesia yakni Rm padang payakumbuah di Instagram. Teori yang dianggap relevan dalam penelitian ini adalah teori periklanan, strategi kreatif iklan, teori new media, instagram dan rumah makan.
Strategi kreatif merupakan hasil terjemahan dari berbagai informasi mengenai produk, pasar, dan konsumen sasaran, kedalam suatu posisi tertentu didalam komunikasi yang kemudian dipakai untuk merumuskan tujuan iklan dalam perkembangan periklanan, sebuah iklan memerlukan strategi kreatif agar menarik perhatian dari khalayak yang dipakai oleh para pemasar.
Banyaknya pengiklan melakukan pemasaran dengan beragam strategi kreatif di media konvensional maupun digital. Media baru yang dikenal dengan media digital, menjadi salah satu strategi untuk menyebarluaskan iklan dengan cepat. Banyak iklan yang menggunakan media baru ini untuk mempromosikan iklan, saat ini iklan pada media baru menjadi suatu inovasi yang digunakan, dikarenakan faktor perubahan gaya kehidupan masyarakat indonesia yang ingin serba cepat.
source : Instagram @ariefmuhammad
padang payakumbuah adalah rumah makan padang yang belum launching, tapi dari awal di keluarkan teaser di instagram arief muhammad, padang payakumbuah ini sudah menarik dari strategi kreatif nya. Arief Muhammad adalah salah satu influencer di Indonesia ia membuat rumah makan padang yang strategi kreatif nya sangat lah menarik untuk masyarakat luas
arief Muhammad memiliki 5,4 juta followers di Instagram, ia membuat pertanyaan di ig story nya tentang apa yang mau ia buat ini, followers nya pun banyak yang menanyakan " ide gila apa lagi ni yang mau di buat arief Muhammad"
karna dari 5,4 juta followers nya ini, arief Muhammad  sering membuat strategi kreatif iklan yang out of the box
kenapa arief Muhammad membuat strategi kreatif iklan ini di Instagram, karna Angka yang dipublikasikan di alat periklanan Meta menunjukkan bahwa Instagram memiliki 99,15 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Angka ini menunjukkan bahwa jangkauan iklan Instagram di Indonesia setara dengan 35,7 persen dari total populasi di awal tahun. (TiNewss.Com )
berikut data Pengguna Instagram di Indonesia tahun 2022 dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
source : https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/