Senang membaca kabar, bahwa Telkom Indonesia selalu membersamai pelaku bisnis tanah air. Yaitu melalui solusi bisnis digital, yang dampaknya dirasakan langsung oleh partner. Telkom Indonesia melalui Indibiz, telah memiliki 7 ekosistem solusi digital. Yaitu Indibiz Sekolah, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel dan Indibiz Multifinance, Indibiz Ekspedisi, Indibiz Health dan Indibiz Energi.Â
Saya kebayang, setiap UKM pasti punya tantangan yang dihadapi sesuai dengan cakupannya masing-masing. Ada yang kendala dalam proses komunikasi dengan pelanggan, ada yang terhambat masalah konektivitas internet bisnis yang disajikan oleh provider. Sampai urusan monitoring dan skill karyawan yang belum memenuhi harapan.
Makanya, inovasi, kreativitas dan adaptasi teknologi digital bagi UKM mutlak dibutuhkan. Manfaatnya bukan hanya memudahkan operasional dan membantu meningkatkan omset bisnis saja. Dengan memanfaatkan solusi digital, pelaku UKM bisa semakin berdaya saing dan fundamental bisnisnya semakin kuat dan terjaga.
Menjawab kebutuhan dan tantangan yang dihadapi UKM, Indibiz sebagai ekosistem solusi digital untuk pebisnis dari Telkom Indonesia hadir sebagai oase di tengah arus persaingan bisnis yang semakin menjadi. Pebisnis diberikan ragam solusi sesuai dengan kendala yang dihadapi masing-masing UKM. Karena setiap masalah satu UKM dengan lainnya pastilah berbeda. Disinilah kejelian Indibiz dalam melihat pangsa pasar UKM.
Contohnya, sebuah perusahaan ekspedisi pasti butuh ruko untuk menjalankan operasional. Dan sektor ini telah diakomodir melalui Indibiz Ruko, kemudian di sektor ekspedisi telah diakomodir melalui Indibiz Ekspedisi.Â
Setelah menelusuri sumber dari berita online Merdeka, saya ingin berbagi tentang analisa, dan pengamatan dan pengalaman saya tentang inovasi Indibiz, yang menurut saya sangat aplikatif dan kompatibel diterapkan dengan kebutuhan UKM, khususnya oleh PT. Tanto Intim Line (INTIM).Â
Berikut alasan mengapa Indibiz mampu ciptakan peluang dan wujudkan harapan UKM di sektor Ekspedisi :
Komprehensif bagi UKM
Aspek penting yang dibutuhkan INTIM selaku jasa forwarding adalah menjaga reputasi perusahaan yang sudah eksis semenjak 1971. Kendala yang mereka hadapi adalah terjadinya blank spot signal hingga terjadinya kehilangan muatan yang cukup besar. Untuk itu, mereka membutuhkan solusi digital untuk menciptakan sistem pelacakan kompeten dengan menggunakan Antares Tracking dari Indibiz Ekspedisi.Â