Mohon tunggu...
Agung Han
Agung Han Mohon Tunggu... Wiraswasta - Blogger Biasa

Part of #Commate'22- Now - KCI | Kompasianer of The Year 2019 | Fruitaholic oTY'18 | Wings Journalys Award' 16 | agungatv@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Catatan 2022 Blogger Kompasiana

2 Januari 2023   06:02 Diperbarui: 2 Januari 2023   06:17 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi

Sejak memutuskan menjadi pekerja mandiri, alias tidak bekerja kantoran. Banyak suka duka dialami, termasuk manis getirnya. Bukankah demikian berlaku, bahwa setiap pilihan selalu disertai konsekwensi. Saya kepala keluarga, wajib menafkahi istri dan anak-anak. Amanah kehidupan tidak main-main ini, saya jadikan sebagai jalan jihad.

Maka saya, mengerahkan segenap kemampuan dipunya. Misalnya memanfaatkan sedikit kebisaan menulis, belajar editing video sesuai tren jaman. Karena agar tidak ketinggalan, kita musti mengikuti dan menyesuaikan jaman. Kemudian bersama istri berjualan ini dan itu, menjadi reseller (makanan) agar tidak kerepotan.

Sejauh ini, pengalaman mengantarkan pada keyakinan. Bahwa kerja tetap itu bagus, tetapi jauh lebih bagus tetap bekerja. Dengan tetap bekerja, terjagalah alasan semesta membukakan jalan rejeki. Kehidupan menyambut suka cita, hamba-hamba yang tak malas berusaha.

Soal menjadi pekerja kantor, atau sebagai pekerja mandiri adalah soal teknis. Keduanya ibarat jalan, agar rejeki datang dan mengalir. So, mari berlomba menjemput rejeki berkah. Yang dihamparkan di muka bumi ini, disiapkan untuk seluruh insan.

-------

Tahun ini terhitung (menuju) 9 tahun, saya ngeblog di Kompasiana. Rasanya banyak yang saya rasakan, dampak dari memulai ngeblog di Kompasiana. Kompasiana menyediakan ruang, tinggal kitanya yang kreatif. Saya berusaha sebisanya, tetap menulis di Kompasiana. Sebagai cikal bakal dan 'rumah' dumay, yang tak bakal terlupa. 

Karena (bagaimanapun) saya berangkat dari Kompasiana, dampak baik saya lihat, alami, dan rasakan. Tidak bisa dipungkiri, berkat Kompasiana pintu kesempatan itu terbuka. Adalah bertambahnya jejaring di dunia blogger, mengantar pada pencapaian, portfolio dan peluang baru. Berkesempatan bekerjasama, dengan berbagai pihak---alhamdulillah.

Dua tahun pandemi, dunia blogging sempat tiarap kini perlahan menggeliat.  Catatan perjalanan tahun 2022, memberi warna di perjalanan ngeblog tahun itu. Penuh liku, keringat, dan perjuangan. Saya mencoba merangkumkan perjalanan 2022, melalu video reels durasi 90 detik, berikut ini. 

Semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun