Mohon tunggu...
Guntur Aguend
Guntur Aguend Mohon Tunggu... -

just ordinary

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Arsenal FC (Sejarah, Kejayaan, dan Pengalaman Nonton Langsung di GBK)

13 Desember 2013   21:26 Diperbarui: 24 Juni 2015   03:57 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa yang kalian ketahui jika mendengar kata ARSENAL ? ya, Arsenal adalah sebuah klub sepakbola profesional inggris yang berbasis di London utara. Arsenal FC atau Arsenal Football Club merupakan salah satu klub inggris yang  tersukses, baik itu di kancah domestik maupun Eropa. 13 titel Premier League, 10 titel Piala FA, 2 titel Piala Liga, 12 titel Community Shield, 1 piala Winners,  1 Piala Fairs telah dimenangkan Arsenal selama 127 tahun Arsenal berdiri. Pijakan awal klub sepakbola ini dimulai ketika sekumpulan pekerja perusahaan senjata di wilayah Dial Square, selatan London, mendirikan sebuah klub sepak bola di tahun 1886. Awal mulanya para pekerja woolwich Arsenal menggunakan nama Dial Square. Namun nama itu tidak bertahan lama. Demi mengingat tempat para pemain itu bekerja, nama Dial Square diganti menjadi Woolwich Arsenal. Nama inilah yang digunakan selama mengikuti kompetisi lokal hingga 1891. Sempat diganti sesaat menjadi Royal Arsenal, nama Woolwich Arsenal tetap dipertahankan saat tampil di liga. Umur Woolwich Arsenal di divisi 1 ternyata hanya 9 musim. Akhir musim 1912-13, Woolwich Arsenal terjerembab lagi ke divisi 2. Usai terdegradasi, Woolwich Arsenal hijrah dari selatan london ke kandang barunya, yakni HighBury, di utara london. Perpindahan itu juga berimbas pada perubahan nama. The Arsenal itulah nama yang sampai saat ini dipertahankan.

Tadi itu sedikit sejarah berdirinya klub sepak bola profesional inggris Arsenal, sekarang saya akan membahas sepak terjangnya dalam 10 tahun terakhir baik di kompetisi domestik maupun eropa,  serta pengalaman saya menyaksikan Arsenal langsung di Gelora Bungkarno Senayan Jakarta, saat Arsenal melakukan tur Pramusimnya di Asia. Di tahun 2003-04, ini mungkin tahun terbaik Arsenal selama klub ini berdiri sebagai sebuah klub, bagaimana tidak di tahun ini Arsenal meraih double winner, dan 49 pertandingan tak terkalahkan, mematahkan rekor milik Nottingham forest (42 kali) yang merupakan rekor tak terkalahkan terpanjang dalam sejarah sepak bola Inggris. Di tahun itu juga Arsenal terkenal dengan sebutan “the unbeaten”. Pemain-pemain seperti Thierry Henry, Robert Pires, Dennis Bergkamp, Patrick Vieira adalah nama-nama yang menghiasi skuad Arsenal di tahun tersebut. Pada tanggal 19 agustus 2006 Arsenal resmi pindah ke stadion baru Emirates stadium dari Highbury. Tanggal itu menjadi partai resmi perdana Arsenal menggunakan stadion yang memiliki kapasitas 60.400 tersebut.  Sumber: Majalah Soccer Canon Revolution

Pada tanggal 14 juli 2013, tanggal itu mungkin merupakan tanggal yang akan selalu saya kenang, karena di tanggal tersebut saya bisa menonton langsung tim kebanggaan saya di Gelora Bungkarno Senayan Jakarta.  Awalnya saya sempat tidak percaya, menjelang kompetisi musim 2012-13 liga Inggris berakhir, Arsenal akan menjalani tur pramusimnya di Asia, termasuk Indonesia. Tetapi setelah mendengar kepastian dari pihak Arsenal  indonesia dan RCTI yang akan menyiarkan langsung partai antara Arsenal FC vs Indonesia Dream Team, saya tidak berfikir ulang untuk pergi ke Jakarta dan menonton pertandingannya secara langsung. Ada waktu jeda 1 bulan setengah sebelum Theo Walcott dkk tiba di Indonesia untuk melangsungkan pertandingan melawan timnas Indonesia.  Selama itu saya menabung agar bisa pergi ke Jakarta. Saya mengajak pacar saya yang paham lalulintas Jakarta untuk menemani saya pergi menonton ke pertandingan tersebut. 10 hari sebelum pertandingan Arsenal vs Indonesia Dream Team berlangsung, saya tiba di Jakarta bersama pacar saya yang akan menonton pertandingan tersebut.  Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang, 14 juli 2013 secara langsung saya akhirnya bisa melihat tim kebanggaan saya bermain melawan timnas Indonesia. Laga tersebut berakhir untuk kemenangan Arsenal dengan skor 7-0. Disana saya sempat mengabadikan momen-momen dengan berfoto.  Meskipun tidak bisa berfoto secara langsung oleh para pemain arsenal, namun saya tetap senang bisa menonton tim kebanggan saya secara langsung yang biasanya hanya saya tonton dalam layar kaca. berikut momen-momen yang sempat saya abadikan saat pertandingan berlangsung:

[caption id="attachment_298538" align="alignleft" width="300" caption="gbk 1"][/caption]

[caption id="attachment_298539" align="alignleft" width="300" caption="gbk 2"]

13869438211409065274
13869438211409065274
[/caption] [caption id="attachment_298541" align="alignleft" width="300" caption="saya:)"]
1386944199590453776
1386944199590453776
[/caption]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun