Pembelajaran IPA di sekolah dasar menekankan pada pemberian langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Ilmu pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sitematis, sehingga IPA bukan hanya penugasan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta,konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan.
pada tanggal 5 Oktober 2023, kami melakukan observasi dan wawancara di SD Negeri 1 Pangenrejo di kelas 4 dan 5 yang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Dalam proses pembelajaran IPA kelas 5 yang sedang berlangsung kondusif karena gruru sudah menguasai kelas. Dalam pembelajaran yang sedang berlangsung guru menggunakan model dan metode pembelajaran sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
Pada pembelajaran ipa di kelas 5 metode yang digunakan guru yaitu metode kombinasi. Metode pembelajaran yang menggabungkan  metode pembelajaran langsung dan metode pembelajaran mandiri atau tidak langsung. Namun bukan hanya metode kombinasi saja, metode lain juga digunakan dalam pembelajaran berlangsung seperti problem based learning,problem based proyek yang sering digunakan.
Dalam materi manet kelas 5 guru juga menggunakan media berupa baterai,kawat,dan paku untuk membuat magnet sederhana. Guru juga menggunakan LKPD (lembar kerja peserta didik) yang digunakan untuk mengetahui pengetahuan yang didapat dari praktik yang dilakukan oleh peserta didik.
Penulis:
1. Bait Dini Fardain (192180014)
2. Angger Aulia Artha (212180055)
3. Alldafa Ibnu Jiddan (212180061)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H