Mohon tunggu...
Agnes Susanti
Agnes Susanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Salah Satu Universitas Swasta Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Menelusuri Kualitas Manajemen Merk BT21

12 Mei 2022   02:25 Diperbarui: 12 Mei 2022   02:26 1746
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apakah Anda familiar dengan gambar diatas? Gambar diatas adalah produk dari  BT21. Apakah Anda penasaran dengan manajemen kualitas dari merk BT21? 

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita bahas secara singkat terlebih dahulu mengenai merk ini. BT21 adalah hasil kolaborasi karakter kartun antara perusahaan LINE FRIENDS dengan grup musik terkenal, BTS. 

BT21 memiliki 8 karakter yang dibuat oleh anggota BTS dan masing-masing diberi nama RJ, Koya, Shooky, Mang, Chimmy, Tata, Cooky dan Van. Karakter-karakter tersebut memiliki design yang lucu. 

Merk ini memproduksi berbagai macam boneka, pakaian, alat tulis, dekorasi rumah, produk kecantikan, dan lain sebagainya. Merk ini menjadi sangat populer bukan hanya karena berkolaborasi dengan artis terkenal saja, tetapi tentunya disertai dengan penerapan kualitas manajemen yang baik. 

Berikut penjelasannya :

  • Proses Pengerjaan yang Mumpuni

Pabrik BT21 berada di Korea Selatan. Hal pertama yang dilakukan sebelum memulai produksi adalah menentukan kebutuhan konsumen. 

Mereka menelusuri apa yang sedang ramai di pasar dan mencari cara bagaimana memproduksinya menggunakan bahan yang berkualitas baik dan design yang menarik.

  • Prinsip Kualitas

Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, merk ini terus-menerus menambah jenis produk baru seperti makanan, minuman, perlengkapan tidur, perlengkapan mandi, perawatan tubuh, aksesoris, alas kaki, tas, barang elektronik hingga pewangi pakaian. 

Selanjutnya mengenai pemberdayaan karyawan, sampai saat ini belum ada berita negatif tentang hal ini. Jadi, bisa dibilang pemberdayaan karyawan BT21 berjalan dengan baik. 

Buktinya, salah satu alasan BT21 masih digandrungi sampai saat ini tentunya karena adanya campur tangan para karyawan yang berkualitas. 

Kemudian stok produk-produknya dikeluarkan dengan tepat, apabila ada yang habis duluan pun tidak membutuhkan waktu lama untuk restock. 

Mengingat jarang sekali terdapat produk cacat yang beredar di pasaran, sudah pasti melalui tahap perbandingan dengan merk lain dan tahap pengukuran kualitas.

  • Dampak yang Dirasakan Dari Kualitas Produk yang Bagus

Awal mulanya, BT21 hanya diminati oleh ARMY (Sebutan untuk penggemar grup BTS). Akan tetapi seiring  bertambahnya jenis produk yang dikeluarkan oleh BT21 ditambah dengan kualitasnya yang bagus, mulailah banyak non-ARMY yang tertarik. 

Contohnya, orang tua yang mencoba membelikan sesuatu untuk anaknya. Design BT21 yang lucu dan menarik tentu disukai oleh anak-anak dan membuat mereka ketagihan untuk membeli secara terus-menerus. 

Tidak hanya anak-anak, para remaja pun ikut tertarik membeli. Kemudian, orang dewasa juga menjadi tertarik untuk membeli karena melihat banyak orang disekitarnya yang menggunakan dan membicarakan produk BT21.

  • Dampak Bagi BT21 Setelah Menghasilkan Produk Berkualitas

BT21 tentunya mendapat keuntungan yang besar dari penjualan produk-produknya. Tidak terkecuali LINE FRIENDS dan grup BTS yang merupakan pencetus kolaborasi ini. 

Lalu, reputasi BT21 menjadi  meningkat secara positif di kalangan masyarakat. Selain karena pengaruh 2 nama besar, BT21 mendapat perhatian internasional sebagai merk dengan produk berkualitas yang tidak kalah dengan merk mahal. 

BT21 juga terkenal di kalangan artis lokal maupun mancanegara, banyak dari mereka yang membeli dan merekomendasikan BT21 kepada publik. 

Akibatnya, BT21 menjadi semakin dikenal oleh masyarakat. Hingga saat ini, Official Store BT21 tersedia di Korea Selatan, China, Jepang, Taiwan dan Amerika Serikat.

BT21 adalah contoh merk yang memiliki kualitas manajemen yang baik, sehingga saya terinspirasi untuk membagikan informasi diatas. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga penjelasan diatas bermanfaat. Terima kasih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun