Lev Vygotsky : Teori Sosiokultural
Vygotsky menekankan bahwa perkembangan kognitif seseorang sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial dan budaya . Teorinya sering disebut teori sosiokultural , dengan poin-poin penting berikut:
Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)
ZPD adalah jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang dapat dicapai dengan bantuan orang lain (seperti guru atau teman sebaya).
Bantuan disebut scaffolding , bimbingan yaitu bimbingan sementara yang diberikan hingga anak mampu menyelesaikan tugasnya sendiri.
Bahasa sebagai Alat Penting
Bahasa adalah kunci dalam perkembangan kognitif karena memungkinkan anak untuk berpikir secara lebih kompleks dan berbagi ide dengan orang lain.
Pemikiran internal (inner Speech) berkembang dari percakapan sosial.
Interaksi Sosial
Anak belajar melalui interaksi dengan orang yang lebih ahli, seperti orang dewasa atau teman yang lebih kompeten.
Contoh: