Tahukah kamu bahwa SEO dan SEM dapat membantu mengoptimalkan posisi pencarian dalam mesin pencarian? SEO dan SEM dapat membuat situs yang kamu miliki menjadi ramai dikunjungi.
Di era digital saat ini, penulis digital tentunya menginginkan agar situs yang dimilikinya ramai dikunjungi. Maka sebagai penulis, kamu dapat menerapkan strategi SEO dan SEM ini agar traffic situs yang kamu miliki meningkat.
Search Engine Optimization (SEO)
Menurut Ebner dan Granitza Search Engine Optimization (SEO) yaitu suatu proses untuk membantu meningkatkan dan memaksimalkan kualitas kunjungan serta peringkat pencarian situs dalam mesin pencarian.
Tujuan dari SEO adalah untuk membuat situs berada di peringkat teratas mesin pencarian. SEO berorientasi pada kebutuhan penggunanya, sehingga membantu pengguna untuk menemukan konten yang dicari dalam mesin pencarian.
SEOÂ On-Page
- Permalink
Permalink merupakan gabungan permanen dan hyperlink yang artinya adalah sebuah link permanen yang ada di internet.
Akan lebih baik bila berisi kata kunci, yang mana berkaitan dengan aturan semakin dekat dengan kata kunci, maka akan semakin banyak hasil relevan yang muncul.
2. Title Tag
Title tag dan meta description merupakan kombinasi yang merepresentasikan interaksi antara pengguna dengan situs.
3. Meta Description
Meta description adalah deskripsi singkat dari halaman masing-masing. Meskipun meta description tidak langsung masuk ke dalam peringkat pencarian, namun tetap akan menyebabkan pengguna mengklik situs tersebut.
4. Headings
Sebagian besar teks dimuat dalam judul yang kemudian muncul pemikiran untuk memutuskan informasi tersebut berguna atau tidak. Maka dengan cara ini, pengguna dapat menilai konten dengan baik.
Ketika menemukan judul konten yang baik, terdapat pertimbangan terkait dengan headings yaitu :
- Judul yang baik yaitu pendek dan ringkas, terdiri sekitar lima kata atau bisa juga lebih.
- Memberikan rasa keingintahuan pengguna terhadap konten.
- Menuliskan kata kunci di awal judul.
- Judul jelas sehingga membuat pembaca mengetahui tentang isi artikel tersebut.
4. Teks atau Konten
Teks atau konten yang dibuat sebaiknya adalah konten yang unik. Teks atau konten yang dibuat harus terus diperbarui.
5. Gambar dan Atribut ALT
File gambar yang ada di halaman situs berisikan artribut ALT. Jika gambar di halaman situs tidak muncul, maka teks ALT akan muncul sebagai pengganti.
Tag ALT mesin pencari memberikan informasi penting terkait gambar dan seluruh konten di dalam situs.
6. Link Internal
Tautan link internal menjadi hal yang penting dalam peringkat algoritma mesin pencarian Google.
Link yang berisikan informasi dan sering dikunjungi biasanya adalah link yang masih satu lingkup dengan konten, dapat ditemukan di awal teks, diberi penegasan bahwa tulisan tersebut adalah link contohnya dengan garis bawah, diberikan arahan untuk langsung menuju ke teks tersebut, diletakkan pada halaman dengan penonton terbanyak, serta dapat bersaing dengan link lainnya.
7. Pagespeed
Pagespeed adalah durasi kecepatan yang diperlukan untuk memuat konten.
SEO Off-Page
SEO off-page yaitu segala usaha yang dikerjakan oleh administrator di latar belakang untuk meningkatkan kesuksesan dalam tampilan dalam mesin pencarian.
Search Engine Marketing (SEM)
Menurut Ebner dan Granitza Search Engine Marketing (SEM) merupakan langkah untuk memasarkan yang dilakukan perusahaan di mesin pencarian untuk meningkatkan kesadaran dalam pelayanan dan produk ke dalam persepsi konsumen.
SEM dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke dalam situs berkali-kali. SEM biasanya berbentuk iklan dan sangat tepat digunakan bagi orang-orang yang memiliki bisnis.