Mohon tunggu...
Agnas Setiawan
Agnas Setiawan Mohon Tunggu... -

Saya guru geografi, trainer, blogger, writer. Sekarang saya bertugas di SMA Unity Bekasi dan aktif di Komunitas Sejuta Guru Ngeblog. Saya juga mengelola blog lain yaitu geograph88.blogspot.com, agnazgeograph.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Guru Blogger Banyak Rezeki

16 Maret 2014   23:00 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:52 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dulu ketika awal menjalani di  profesi guru, tak pernah terbesit di benak saya untuk menjadi blogger, yang tahu hanyalah mengajar lalu pulang ke rumah. Perkenalan saya dengan blog bermula ketika saya diterima menjadi guru di salah satu SMA di Kalimantan Selatan. Ketika itu saya iseng ikut-ikutan teman saya yang berprofesi sebagai guru B. Indonesia bikin blog. Awalnya sih stres karena ga bisa utak atik konten blog dan isinya hanya copas saja. Ketika itu saya sering membuka blog-blog guru seperti Om Jay, Pak Budi Raharjo dan lainnya untuk belajar bagaimana membuat tulisan. Sedikit demi sedikit saya mulai belajar membuat tulisan hasil sendiri yang berkaitan dengan materi geografi.

Setelah sekian lama ternyata menulis itu mengasyikan, dan saya terus mengupdate tulisan saya di blog setiap hari. Selain itu saya belajar bagaimana mendesain template dan mengatur widget yang efektif. Singkat cerita sampai pada pertengahan 2012, BTIKP Kalsel mengadakan Lomba TIK untuk Guru Se Kalsel. Dengan modal hanya coba-coba, saya mendaftarkan diri mengikuti lomba tersebut mewakili sekolah saya. Ternyata tak disangka blog saya yang masih berumur kurang dari satu tahun masuk final dan diharuskan presentasi di depan juri untuk mendapatkan pemenang. Lalu saya mempresentasikan blog perdana saya di depan juri dengan seadanya.

Esoknya pas pengumuman pemenang , ternyata blog saya meraih juara harapan 1. Saya tak menyangka partisipasi saya di event blogging dan karya tulis mendapat juara harapan 1. Selain dapat penhargaan saya juga mendapat rezeki berupa uang pembinaan yang lumayan besar. Dari situlah menulis menjadi suatu hobby bagi saya. Blog saya yang pertama menggunakan platform wordpress, nih blognya http://agnazgeograph.wordpress.com/. Karena penasaran, saya kemudian membuat blog satu lagi dengan paltform blogger yaitu http://geograph88.blogspot.com/. Ternyata dari pengalaman punya 2 blog gratisan tersebut, saya tahu sedikit tentang perbedaan masing-masing platform. Isi blog kedua masih seputar dunia pendidikan khususnya materi Geografi. Di blogspot ternyata template dapat diatur dengan mengutak-atik script. Meskipun agak rumit, setelah searching di google, sedikit demi sedikit saya berhasil mengatur widget di blogspot. Lambat laun berjalannya waktu, isi blog saya yang kedua sudah cukup banyak  dan saya masih tidak menyangka bisa membuat tulisan sebanyak itu.

Lalu di 2013 saya mendapati event Bandung Awan Pengetahuan yang dalam salah satu agendanya terdapat lomba blog. Langsung saja saya daftarkan blog saya yang kedua untuk ikut serta di event tersebut dan bersaing dengan ratusan blog lain dari seluruh Indonesia. Setelah menunggu beberapa bulan, hasil penilaian juri keluar dan saya terkejut bukan main melihat blog saya meraih juara 1. Saya sangat bersyukur sekali karena bisa mengalahkan ratusan blog lain yang saya lihat isinya bagus juga. Saya kemudian ke Bandung untuk mengambil sertifikat dan mengambil hadiah uang yang bagi saya sangat besar, melebihi gaji saya sebagai guru selama sebulan. Itulah sedikit perjalanan saya di dunia blogging, Lalu apakah setelah itu selesai?BELUM, masih ada lagi satu event yang saya ikuti di akhir tahun 2013 yaitu Lomba Kreativitas Ilmiah Guru 2013 yang diselenggarakan LIPI.

Berbekal tulis-menulis di blog, saya kemudian belajar membuat karya ilmiah guru seperti PTK atau sejenisnya. Ketika itu saya membuat karya ilmiah yang berjudul "Pemanfaatan Kardus Bekas Sebagai Bahan Pembuat Alat Peraga Geografi Sederhana". Setelah file dan laporannya saya kirim, juri kemudian memutuskan finalis tiap kategori, dan ternyata lagi-lagi saya masuk finalis mewakili Guru Propinsi Kalimantan Selatan. Kemudian dengan bekal uang tabungan seadanya saya berangkat ke Jakarta untuk presentasi di depan dewan juri. Ketika presentasi, saya terus dicecar pertanyaan dari juri yang merupakan peneliti-peneliti senior LIPI. Meskipun gugup karena pengalaman pertama, saya berusaha untuk tetap tenang.

Singkat cerita, pada hari penganugerahaan saya sama sekali tidak berharap untuk mendapat juara, karena masuk finalis pun saya sudah sangat senang. Namun takdir berkata lain, karya tulis pertama saya sebagai guru lagi dan lagi mendapat juara 3. Bulu kuduk saya langsung merinding ketika juri menyebutkan nama saya dan asal sekolah saya. Kemudian saya maju ke depan untuk menerima piagam penghargaan dan uang tunai dari Kepala LIPI. Akhirnya perjuangan saya tidak sia-sia dan dari guru blogger kemudian membuat karya tulis dan bisa meraih juara Nasional.

Rekan-rekan seprofesi, itulah sedikit perjalanan saya di dunia tulis-menulis. Ternyata menulis itu selain membuat pengetahuan lebih luas, juga dapat mendatangkan rezeki dari arah yang tak disangka. Jadi bagi guru-guru di Indonesia yang belum hobby menulis, MENULISLAH!. Bisa jadi rezeki Tuhan ada di sana dan saya yakin semakin banyak menulis maka semakin profesional seorang guru. Saat ini saya sedang mencoba menulis buku yang berkaitan dengan geografi, semoga saya bisa menyelesaikannya. SALAM GURU BLOGGER......wassalam

[caption id="attachment_326811" align="aligncenter" width="400" caption="Juara Lomba Blog BTIKP Kalsel 2012"][/caption]

[caption id="attachment_326812" align="aligncenter" width="400" caption="Juara 1 Bandung Awan Pengetahuan 2013"]

1394960580337925930
1394960580337925930
[/caption]

[caption id="attachment_326813" align="aligncenter" width="300" caption="Juara 3 LKIG LIPI 2013"]

13949606101172720995
13949606101172720995
[/caption]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun