Mohon tunggu...
Agus Manhura
Agus Manhura Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Penjelajah Online

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pengaduan Online Membantu Orang Menjadi Sadar tentang Hak Konsumen

26 Maret 2020   01:48 Diperbarui: 26 Maret 2020   06:05 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hak-hak konsumen tergantung pada perhatian besar hari ini. Pembeli telah diberi banyak perhatian dan ada banyak peraturan yang melindungi konsumen dari kesalahan penyedia.

Menjaga kepentingan konsumen adalah salah satu agenda utama pemerintah dan mereka harus fokus pada menjaga perhatian konsumen untuk memastikan bahwa konsumen menikmati hak untuk mendapatkan layanan dan produk yang tepat sesuai keinginannya.

Dengan kemajuan teknologi dan ruang lingkup yang luas untuk mengintegrasikan informasi dalam ketebalannya. Bidang World Wide Web yang luar biasa telah memverifikasi utilitasnya sebagai pusat informasi terkemuka bagi mereka yang mencari informasi dari berbagai strata kunci.

Meskipun kumpulan informasi yang luas ini pada dasarnya dilengkapi untuk menyediakan semua fasilitas terkemuka bagi pengguna, telah bertindak sebagai instrumen yang tak terkalahkan untuk menjaga minat konsumen melalui ruang operasinya.

Ketika kami tetap fokus pada konsumen, mereka mungkin menjadi model akar rumput dalam rantai aliran proses. Mereka mungkin penerima manfaat nyata dari produk atau layanan apa pun yang merupakan fondasi ekonomi.

Tanpa konsumen, tidak ada penggunaan produk atau solusi dan konsumen merupakan penghubung paling vital dalam seluruh pergerakan ekonomi ini. Ini benar-benar alasan utama mengapa mungkin ada begitu banyak hype tentang menjaga rasa ingin tahu konsumen dalam opini umum.

Untuk memiliki proses akses yang mudah dengan akses mudah ke konsumen yang sebenarnya, ada banyak portal yang tersedia secara online yang menawarkan resolusi keluhan konsumen online.

Sel-sel ini memungkinkan media yang menyenangkan bagi konsumen mengeluh dan bertindak sebagai penjaga kepentingan konsumen dengan membiarkannya dan mengundang mereka untuk diskusi terbuka.

Keluhan daring dapat didaftarkan melalui platform positif ini dan individu lain yang mengakses program yang sama dan kadang-kadang mengalami jenis masalah yang terkait tampaknya bersatu untuk penyelesaian masalah tertentu melalui forum grup.

Ketika suara-suara itu disatukan, itu memberi tekanan pada kesadaran pihak berwenang yang bertanggung jawab atas penyelesaian pengaduan dan dengan pendekatan kolaboratif, pengaduan ditangani dengan pendekatan kolaboratif untuk diperbaiki.

Ini pada akhirnya tidak hanya menawarkan penghiburan kepada korban tetapi juga menyebarkan kesadaran bagi konsumen untuk mengetahui hak-hak mereka untuk meningkatkan suara terhadap dugaan pelanggaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun