Mohon tunggu...
AGISTA YUANA
AGISTA YUANA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dampak Sosial Informatika Menggunakan Andromo di SMP Negeri 16 Malang

5 November 2024   15:39 Diperbarui: 5 November 2024   15:40 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada era digital ini, pembelajaran berbasis teknologi adalah hal yang harus dibutuhkan oleh peserta didik. Penerapan penggunaan teknologi dalam aspek pendidikan penting diterapkan dengan segudang manfaat seperti fleksibel, interaktif dan mudah diakses kapan saja oleh peserta didik. Salah satu inovasi yang dikembangkan adalah penggunaan mobile learning. Saya melakukan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran mobile berbasis android memanfaatkan platform Andromo dengan fokus materi informatika kelas VIII yaitu dampak sosial informatika. 

Mengapa mengembangkan Mobile Learning ?

Mobile learning memberikan berbagai manfaat bagi peserta didik yang merupakan Gen Z yang merupakn generasi yang lekat akan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik dapat mengakses materi pembelajaran kapan pun mereka butuhkan sesuai dengan ritme belajar mereka. Pembelajaran yang memanfaatkan inovasi ini dapat mengakomodasi gaya belajar yang berdiferensiasi terutama peserta didik yang yang tertarik dengan gaya belajar mandiri dan visual.

Melalui mobile learning, peserta didik dapat belajar dapat mengakses materi pembelajaran dengan mudah di luar kelas. Dengan kelebihan media pembelajaran yang interaktif, peserta didik mendapatkan pengalaman pembelajran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Dasi Tika
Dasi Tika

Andromo : platform pembuat media pembelajaran yang mudah

Andromo adalah salah satu platform pengembang aplikasi android tanpa menuliskan satu baris kode pun. Platform ini cocok untuk digunakan pendidik yang ingin mengembangkan aplikasi sejenis sehingga dapat menyugguhkan materi pembelajaran yang interaktif. Dengan memanfaatkan Andromo, saya dapat mengembangkan media pembelajaran yang berfokus pada materi dampak sosial informatika kelas VIII.

Fokus materi media pembelajaran ini meliputi;

  • Mengajarkan kepada peserta didik tentang memanfaatkam media sosial secara positif dan produktif
  • Memberikan pemahaman bahwa apa yang dibagikan di media sosial belum tentu kebenarannya dan perlu dilakukan cross check sebelum mempercayai berita tersebut
  • Memberikan pemahaman mengenai pentingya menjaga keamanan dan data pribadi saat beraktivitas di media maya
  • Menyampaikan tentang dampak buruk yang ditimbulkan oleh cyberbullying dan cara mencegahnya

Dampak implementasi penggunaan media Mobile learning terhadap peserta didik

Hasil dari implementasi tersebut menunjukkan hasil yang positif ditandai dengan angket pemahaman materi dan motivasi belajar yang menunjukkan angka kenaikan. Aplikasi ini memperoleh hasil tersebut tidak lepas dari kemasan visual yang menarik dan interaktif serta tidak meninggalkan poin utama sebagi salah satu media pembelajaran. Selain itu, peserta didik menjadi lebih sadar tentang pemaanfaatan media sosial yang lebih bertanggung jawab. Penggunaan media pembelajaran mobile learning ini membantu peserta didik untuk ;

  • Belajar secara mandiri
  • Berpikir kritis dan reflektif
  • Memperdalam pemahaman mengenai etika dan kemanan digital

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun