Mohon tunggu...
Agil Septiyan Habib
Agil Septiyan Habib Mohon Tunggu... Freelancer - Esais; Founder Growthmedia, dapat Dikunjungi di agilseptiyanhabib.com

Plan, Create, Inspire

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Jangan Terburu-buru Membangun Jaringan "Supply Chain", Jawab Dulu 9 Pertanyaan Ini

26 Oktober 2022   13:27 Diperbarui: 28 Oktober 2022   10:19 666
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rasa-rasanya saya sudah menulis cukup banyak perihal supply chain yang tentunya diharapkan bisa menjadi sedikit referensi bagi Anda para pelaku bisnis. Namun, jangan berhenti sampai di sini untuk menggali lebih dalam lagi perihal aspek rantai pasokan karena sebenarnya masih sangat banyak pengetahuan penting tentang supply chain lain yang bisa dikaji.

Juga jangan sampai Anda terburu-buru mengeksekusi jaringan supply chain dalam penyelenggaraan bisnis Anda dengan segala pengetahuan yang dimiliki saat ini. 

Di samping masih harus menggali informasi penting lainnya, minimal Anda harus mencari tahu beberapa jawaban atas sembilan pertanyaan penting berikut :

1>> Di mana saja pasar yang akan menjadi target penjualan?

Sudah punya produk untuk dijual masih belum menuntaskan langkah. Anda juga perlu tahu ke mana produk tersebut akan diedarkan. Di mana pasar yang akan menjadi sasaran penjualan. Pusat kota? Daerah pinggiran? Pemukiman padat penduduk? Pusat perbelanjaan? Atau yang lainnya?

Mengetahui posisi pasar yang menjadi target penjualan sama artinya dengan menentukan titik tujuan yang harus dicapai selama periode waktu tertentu. Sekaligus untuk menentukan estimasi waktu pengiriman, estimasi biaya, dan titik paling strategis dalam meletakkan pusat distribusi produk.

2>> Berapa lama waktu pengiriman yang akan dijanjikan dan berapa besaran biayanya?

Merancang jaringan rantai pasok salah satunya dimulai dengan menghitung lama waktu pengiriman untuk menuju suatu lokasi penjualan. Hal ini kelak akan menjadi standarisasi waktu pemenuhan atau komitmen Anda dalam menjanjikan kesiapan suatu jenis produk hingga sampai di tujuan.

Jadi, bukan tanpa sebab ketika Anda menentukan perkiraan waktu kirim tanpa sebelumnya dilandasi oleh sesuatu yang logis. Dan tentu dalam hal ini untuk setiap tempat yang dituju akan memiliki durasi waktu yang berbeda satu dengan yang lain.

Di samping mengetahui estimasi waktu kirim, Anda juga bisa menghitung besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap kali pengiriman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun