Mohon tunggu...
Agil Fitrah
Agil Fitrah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bermain futsal

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Isu isu sosial -emosinal di sekolah dasar: buyyiling masalah disiplin,dan masalah sosial

19 Januari 2025   17:15 Diperbarui: 19 Januari 2025   17:15 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Social-Emotional Learning (SEL) dan CASEL: Meningkatkan Kesejahteraan Siswa melalui Pembelajaran Sosial-Emosional

Pendahuluan

Pembelajaran sosial-emosional (SEL) merupakan pendekatan penting dalam pendidikan yang membantu siswa mengembangkan keterampilan untuk mengelola emosi mereka, berinteraksi dengan orang lain secara positif, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab. Program SEL tidak hanya mendukung perkembangan individu secara emosional, tetapi juga memperbaiki keterampilan sosial yang dapat mempengaruhi kesejahteraan secara keseluruhan. Salah satu organisasi terkemuka yang mengembangkan kerangka kerja untuk SEL adalah Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL). Dalam artikel ini, kita akan membahas konsep SEL dan bagaimana CASEL memainkan peran kunci dalam mengembangkan dan mempromosikan program-program sosial-emosional di seluruh dunia.

1. Apa itu Social-Emotional Learning (SEL)?

Social-Emotional Learning (SEL) adalah proses di mana individu memperoleh dan menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk memahami dan mengelola emosi, berinteraksi dengan orang lain, membuat keputusan yang sehat dan bertanggung jawab, serta mengatasi tantangan hidup. SEL berfokus pada pengembangan lima kompetensi inti yang sangat penting bagi kesejahteraan pribadi dan sosial siswa. Lima kompetensi tersebut adalah:

1. Kesadaran Diri (Self-Awareness): Kemampuan untuk mengenali dan memahami perasaan sendiri, serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri.

2. Pengelolaan Emosi (Self-Management): Kemampuan untuk mengendalikan impuls, mengelola stres, dan mengatur emosi dengan cara yang sehat.

3. Kesadaran Sosial (Social Awareness): Kemampuan untuk memahami perasaan, perspektif, dan kebutuhan orang lain, serta menghormati keragaman.

4. Keterampilan Relasional (Relationship Skills): Kemampuan untuk membangun hubungan yang positif, bekerja dalam kelompok, mengatasi konflik, dan berkomunikasi dengan efektif.

5. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab (**Social-Emotional Learning (SEL) dan CASEL: Meningkatkan Kesejahteraan Siswa melalui Pembelajaran Sosial-Emosional

Pendahuluan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun