Refleksi 4P Pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2
Peristiwa:Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah memahami hubungan antara filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan peran dan nilai-nilai sebagai Guru Penggerak.
Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah:Modul 1.1 memberikan landasan filosofis tentang pemikiran pendidikan nasional berdasarkan ajaran Ki Hajar Dewantara yang menekankan pentingnya pendidikan yang memerdekakan dan berpusat pada siswa. Sementara itu, Modul 1.2 memperluas pemahaman ini dengan menekankan nilai Guru Penggerak yang inovatif, kolaboratif, reflektif, berpusat pada murid, dan mandiri. Kaitan antara kedua modul ini adalah bahwa pemikiran Ki Hajar Dewantara menjadi dasar dalam mengembangkan peran dan nilai-nilai Guru Penggerak yang berfokus pada kebutuhan dan perkembangan siswa.
Perasaan:Saat momen itu terjadi saya merasa seperti bagaikan menemukan kunci yang membuka pintu menuju cara pandang baru dalam pendidikan.
Pembelajaran:Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa peran guru sebatas mengajar dan mendidik sesuai kurikulum. Sekarang saya berpikir bahwa peran guru jauh lebih luas yaitu sebagai penggerak perubahan yang berfokus pada pengembangan potensi siswa secara holistik, sesuai dengan nilai-nilai Guru Penggerak dan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara.
Penerapan ke depan (Rencana):Pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak adalah:
- Inovatif: Saya akan terus mencari metode pembelajaran baru yang kreatif dan relevan dengan kebutuhan siswa.
- Kolaboratif: Saya akan meningkatkan kolaborasi dengan rekan guru, siswa, dan komunitas sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan suportif.
- Reflektif: Saya akan rutin melakukan refleksi diri setelah setiap sesi pembelajaran untuk mengevaluasi efektivitas metode yang digunakan dan mencari area perbaikan.
- Berpusat pada Murid: Saya akan selalu menempatkan kebutuhan dan perkembangan siswa sebagai prioritas utama dalam setiap keputusan pembelajaran.
- Mandiri: Saya akan terus mengembangkan kompetensi diri melalui pelatihan, membaca, dan berpartisipasi dalam diskusi profesional untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang saya berikan.
Dengan demikian, saya berharap dapat menjadi Guru Penggerak yang efektif dan memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas pendidikan di SMA FIWA.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H