Pembelajaran di sekolah ternyata memiliki kaitan yang erat dengan faktor sosial, ekomonomi, budaya, dan politik yang dimiliki oleh peserta didiknya. Hal itu dibahas dalam topik 3 mata kuliah perspektif sosiokultural, berikut merupakan refleksi yang ada dalam topik 3.Â
Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Pada rangkaian awal dalam topik ini dimulai dengan mulai dari diri. Topik 3 ini membahas mengenai perspektif sosial, ekonomi, budaya, dan politik dalam pembelajaran. Bagian mulai dari diri saya mengerjakan beberapa kuis sebagai refleksi sebelum menginjak pada bagian selanjutnya. Di awal topik disediakan video mengenai perjuangan para anak-anak di Lampung dalam menerima pendidikan di tengah keterbatasan yang ada. Kemudian berdasarkan video tersebut saya diberikan soal untuk dijawab berdasarkan video yang sudah ditonton tersebut. Jawaban merupakan kombinasi refleksi antara pengalaman saya dan keadaan pendidikan di video tersebut.
Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Yang saya pelajari sangat banyak dan bermanfaat dalam membantu pemahaman mengenai keadaan sosiokultural yang mempengaruhi pendidikan di Indonesia. Pada topik ini peran SES dan CHAT masih berkesinambungan, kemudian dikolaborasikan dengan analisis budaya-historis dari penelitian yang menghubungkan SES dengan variasi dalam interaksi orang dewasa-anak. sehingga pola interksi yang mereka dapatkan di kehidupan sosialnya kan memberikan sudut pandang tertentu bagi mereka dalam memandang suatu hal termasuk pendidikan mereka. Sudut pandang yang mereka temukan didukung dengan faktor sosial-budaya, ekonomi, dan politik
Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Dalam ruang kolaborasi kami bekerjasama secara kelompok membahas mengenai pendapat kami terkait bagaimana faktor sosial ekonomi budaya dan politik bisa sangat berpengaruh dalam pelaksanaan pembelajaran dalam suatu kelas. Kemudian mengenai kesiapan kami dalam memberikan layanan/mengajar serta persamaan dan perbedaan pandangan tentang Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses Pendidikan. Dari beberapa pertanyaan emantik tersebut kami berempat berdiskusi dan saling mengemukakan pendapat kami. Dalam berdiskusi kami mendapatkan sudut pandang baru dari jawaban diskusi di ruang kolaborasi
Demonstrasi KontekstualÂ