Pernah melihat sekelompok orang yang berdandan ala anime-anime Jepang? Atau sekelompok klub mobil tertentu yang sedang kumpul-kumpul? Atau lomba fashion show bagi kucing dan anjing yang diadakan oleh klub pecinta hewan di mall? Yap, itulah yang dinamakan komunitas. Suatu komunitas dapat dibangun oleh sekelompok orang yang memiliki kesamaan ketertarikan atau minat pada hal-hal tertentu. Banyak hal yang dapat mereka lakukan bersama-sama seperti gathering (kumpul-kumpul) rutin, mengadakan event, bakti sosial atau kegiatan-kegiatan positif lainnya. Berbicara mengenai komunitas, apakah pernah tau tentang komunitas selebgram?
Komunitas selebgram yang kami maksud di sini sedikit berbeda dengan beberapa contoh komunitas yang dibahas di atas. Bukan komunitas yang bisa sering-sering mengadakan kopdar alias ketemuan, tapi lebih ke komunitas online karena selebgram sendiri kan banyak berkecimpung di Instagram.
Mungkin komunitas selebgram ini masih terasa asing bagi Anda karena memang selama ini masih banyak selebgram yang berdiri sendiri. Â dalam artian tidak bergabung ke dalam suatu managemen untuk mengatur aktivitas endorsement yang dilakukan. Takut ribet, tidak mau pemasukan berkurang karena harus memberi komisi kepada managemen atau ada hal-hal lain yang menjadi alasannya.
Atau bisa jadi selebgram tersebut sudah cukup populer dan memiliki pemasukan yang stabil dari aktivitas endorsement. Jadi sudah ada tim (milik sendiri) yang mengatur segala aktivitas endorsementnya.
Komunitas selebgram itu menyenangkan
Ya, ternyata ada beberapa wadah yang bisa dibilang sebagai komunitas selebgram, tempat berkumpulnya para selebgram. Sebut saja diantaranya ada SociaBuzz dan Instaporta. Di sana kita dapat menemukan kumpulan selebgram atau buzzer yang menawarkan jasa endorsement.
Bagi customer, wadah semacam ini tentunya menyenangkan karena cukup dengan mengunjungi satu tempat saja, mereka dapat dengan mudah menemukan banyak pilihan selebgram. Tidak perlu mencari satu per satu di Instagram.
Lalu, bagaimana dengan para selebgram? Bukannya malah banyak saingan?
Yah, tidak dipungkiri dari sisi selebgram pastinya bakal ada persaingan. Namun, bukankah hal tersebut malah bagus? Adanya kompetisi justru akan membuat siapapun yang terlibat di dalamnya berusaha melakukan yang terbaik :)
Keuntungan bergabung di komunitas selebgram
Bagi selebgram yang bergabung ke dalam komunitas selebgram semacam SociaBuzz atau Instaporta mampu memberikan keuntungan tersendiri diantaranya: