Temanggung, 16 Oktober 2024.
Agda Faisal Aziz (21), salah satu dari tiga mahasiswa UNNES yang sedang melaksanakan UNNES LANTIP 4 atau lebih sering kita dengar dengan kata PPL/PLP, membuat modul ajar atau lesson plan Bahasa Inggris yang menarik dan menyenangkan bagi para siswa. Lesson Plan tersebut ditujukan untuk siswa kelas 11 MAN Temanggung khususnya pada mapel Bahasa Inggris. Lesson Plan tersebut mencakup 4 Materi pokok yaitu materi (Social Media Caption, Descriptive text, Transactional Dialogues for Offering Help, dan Passive Voice in Descriptive Text about Environmental Issues). Keempat materi tersebut dikemas dengan sangat menarik dan activity didalamnya pun dibuat dengan semenarik mungkin agar para siswa menjadi tertarik dengan pelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan sehingga dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap pembelajaran mereka.Â
Dengan lesson plan yang menarik dan menyenangkan ini, diharapkan para siswa MAN Temanggung khususnya siswa kelas 11 menjadi lebih tertaik dan tidak menganggap pelajaran Bahasa Inggris adalah pelajaran yang susah dimengerti, membosankan, dan sulit dipahami. Para siswa diharapkan menikmati pelajaran dan dapat lebih maksimal dalam belajar dengan adanya materi yang dikemas dengan menyenangkan ini. Harapan Agda (21), dengan adanya lesson plan ini dapat membuat para siswa menyukai pelajaran Bahasa Inggris dan penguasaan Bahasa, Kosa kata, dan material mereka meningkat dengan pesat karena mereka telah menyukai pelajaran dan pembelajaranya.
Agda (21), menambahkan bahwa "semua anak merupakan anak yang cerdas, mungkin saja apabila anak tersebut kurang paham ataupun penguasaan materi dan nilai mereka buruk bukanlah karena anak tersebut bodoh, melainkan anak tersebut tidak menikmati proses pembelajaran sehingga mereka mengira bahwa mereka tidak bisa dan mudah menyerah. Padahal apabila kelas dibuat se-atraktif dan semenyenangkan mungkin maka para siswa akan tertarik dan bisa menikmati pembelajaran senhingga hasil yang mereka dapatkan adalah hasil yang maksimal yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang berakibat pada meningkatnya penguasaan Bahasa Inggris para siswa, dan penguasaan materi mereka."
Maka dapat diambil kesimpulan bahwa kunci dari keberhasilan pembelajaran adalah pembawaan Guru dan Materi yang menyenangkan dan tidak membosankan yang dapat menarik perhatian dan motivasi belajar para siswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H