Mohon tunggu...
Afzalu Rohman
Afzalu Rohman Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA UIN

Seorang Mahasiswa Jurnalistik Uin Syarif Hidayatullah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menggali Makna Pathos, Logos, dan Ethos dalam Proses Persuasi Komunikator

28 Mei 2024   22:11 Diperbarui: 28 Mei 2024   22:30 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh : Syamsul Yakin dan Afzalu Rohman

Dosen dan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Dalam dunia komunikasi, terdapat tiga konsep penting yang membentuk landasan dalam proses persuasi: pathos, logos, dan ethos. Pathos, secara harfiah berarti memiliki kemampuan emosional yang baik dalam mengelola emosi, empati, dan persuasi. Seorang komunikator yang mampu memanfaatkan pathos dengan baik akan mampu membangun komunikasi yang produktif, mengaitkan emosi dengan pesan yang disampaikan.


Sementara itu, logos merupakan sarana persuasi yang mengandalkan bukti logis, nyata, atau nyata. Dalam retorika klasik, logos dikenal sebagai logoi, yang juga dikenal sebagai argumen retoris atau pembuktian logis. Dengan memanfaatkan logos, seorang komunikator dapat memberikan bukti-bukti yang kuat untuk mendukung pesan yang disampaikan, membangun kepercayaan dan ketertarikan rasional pada audiens.

Selain itu, ethos merupakan kekuatan yang dimiliki oleh komunikator dari karakter pribadinya. Seorang komunikator yang memiliki ethos yang kuat akan dipercaya oleh audiensnya, sehingga ucapan-ucapannya memiliki kekuatan yang lebih besar. Ethos menciptakan landasan kepercayaan yang diperlukan dalam proses persuasi, memastikan bahwa pesan yang disampaikan diterima dengan baik oleh audiens.

Dalam dunia komunikasi modern, pemahaman yang mendalam tentang pathos, logos, dan ethos merupakan kunci keberhasilan dalam proses persuasi. Seorang komunikator yang mampu menggabungkan ketiga konsep ini dengan baik akan mampu membangun hubungan yang kuat dengan audiensnya, menciptakan komunikasi yang efektif, dan mencapai tujuan komunikatifnya dengan lebih baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun