Mohon tunggu...
Afroh Fauziah
Afroh Fauziah Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

Pemahaman

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kritik Film "Surat Kecil untuk Tuhan" (2017)

8 Maret 2021   10:36 Diperbarui: 8 Maret 2021   10:55 1169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Surat Kecil Untuk Tuhan adalah film pembuka Falcon Pictures di libur lebaran tepatnya dirilis pada tanggal 25 Juni  2017. Diambil dari cerita novel karya Agnes Davonar, dengan skenario yang ditulis oleh Upi Avianto (screenplay). Film drama yang diproduseri Frederica ini digarap oleh Fajar Bustomi dan dibintangi Bunga Citra Lestari dan Joe Taslim sebagai salah satu pemeran utama. Film ini berdurasi sekitar 127 menit atau 2 jam 7 menit.

Tema yang diangkat adalah mengenai problematika anak jalanan, Anton (Bima Azriel) dan Angel (Izzari Khansa) kakak beradik yatim piatu yang terjebak dalam sindikat memanfaatkan anak-anak terlantar untuk dijadikan pengemis jalanan yang dimana hasilnya itu harus disetorkan kepada ketua sindikat yakni Om Rudi (Lukman Sardi). Jika tidak berhasil mencapai target dalam meminta-minta maka hukuman pecutan, disetrika dan ditenggelamkan dalam air akan menanti mereka. Di usia yang masih sangat kecil, mereka diperbudak untuk menjadi mesin uang tanpa kenal waktu dan sangat minim untuk mencapai indahnya masa kecil.

Hingga suatu ketika saat Angel menyebrang di jalan raya, ia tertabrak oleh sebuah mobil sampai terpental dan tak sadarkan diri. Angel dibawa ke rumah sakit, Om Rudi tidak mau menanggung biayanya, untung ada seorang pasangan suami istri yang mau menanggungnya dan mengangkat Angel sebagai anak mereka. Sejak saat itulah Angel terpisahkan dengan Anton. Ia tidak pernah tahu lagi di mana keberadaan sang kakak.

Film ini menyajikan 2 alur berbeda dimana Angel semasa kecil yang memprihatinkan dengan Angel yang telah dewasa dengan perubahan nasibnya. Di Sydney, Australia, 15 tahun kemudian, Angel yang telah beranjak dewasa ini diperankan oleh Bunga Citra Lestari, gadis cantik dan pandai yang berhasil mewujudkan impiannya menjadi seorang pengacara dan menjadi pribadi yang suka memberikan bantuan hukum kepada orang-orang yang lemah. Di Sydney pula lah dia bertemu sang pujangga hati, yaitu seorang dokter muda yang bernama Martin (Joe Taslim). Sebelum menikah dengannya, Angel ingin kembali ke Indonesia dan mencari keberadaan sang kakak yang tak kunjung ditemukan. Hingga di Jakarta ia menemukan kenyataan-kenyataan pedih lainnya yang belum diketahui dan mengungkapnya sampai meja hijau.

Pada awal adegan, penonton disuguhi tindakan kekerasan yang dapat menguras air mata tentang kisah kehidupan anak jalanan yang begitu eksploitatif, berlebihan dan cenderung kurang cocok ditonton oleh anak-anak. Apalagi ada suatu adegan dimana seakan-akan seorang anak yang ingin dioperasi untuk jual beli organ tubuh manusia. Pada menit awal pun pewarnaan kontras seperti kekuningan dan minimnya cahaya yang menjadi kurang jelas menyulitkan penglihatan, tapi itulah yang mungkin memberikan kesan miris dan ironi.

Chemistry antara Anton & Angel kecil begitu solid dan berhasil memerankan perjuangan anak kecil yang pilu. Padahal, tak banyak pemeran anak kecil yang penjiwaannya bisa sampai maksimal. Joe Taslim selaku Martin menunjukan kehangatan sebagai seorang kekasih dari Angel dan menjadi seorang dokter yang bersahaja kepada pasien-pasiennya. Bunga Citra Lestari cukup terlihat seperti bukan perwujudan Angel kecil yang pernah mengalami kesengsaraan hidupnya, ia seperti tokoh yang berbeda. Kemesraan antara Angel dan Martin sayangnya terasa agak kaku dan kisah cinta keduanya seperti hanya sebagai pelengkap semata  tidak begitu di eksplor.

Justru pemeran pendukung seperti Aura Kasih (Ningsih) dalam film ini cukup mencuri perhatian untuk aktingnya selaku anak asuh Om Rudi yang mendapatkan perlakuan tak senonoh dan juga kepada Rifnu Wikana yang berperan sebagai tangan kanan Om Rudi bisa memberikan chemistry yang kuat dengan Aura Kasih. Pemeran Om Rudi oleh Lukman Sardi juga terlihat sangat profesional, kesangarannya, sifat yang begitu dingin, kejam dan tanpa ampun. Pada adegan terakhir di pengadilan pun beliau dapat menutupi kekejamannya lewat muka polosnya itu yang dapat membuat kesal penonton. Bahkan adegan Martin dengan pasiennya yang mengidap kanker terlihat lebih natural.

Penggunaan backsound lagu-lagu dengan orkestra yang memperkuat suasana hingga penonton terhanyut dan terharu dalam cerita walau terlihat jadi lebih drama dan karena lebih banyaknya adegan menyayat hati seperti mengharuskan terbawa suasana sedih. Penyelesaian film ini terlihat lebih singkat walaupun durasi film sudah cukup panjang. Disamping berbagai kekurangan yang terdapat dalam film, benar-benar dapat disingkirkan dengan epiknya alur cerita dan kisah yang banyak mengandung nilai moral dan pelajaran hidup untuk tidak memanfaatkan orang lemah, larangan perdagangan organ tubuh manusia, tindakan kekerasan dan pelecehan seksual yang masih marak terjadi di berbagai wilayah di beberapa negara.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun