Afriani Fitriyah & Basrowi
Mahasiswa MM Uniba, Dosen MM Uniba, Banten Indonesia
Berkembangnya era globalisasi yang membuat wanita berperan aktif dalam menunjang penampilannya dengan salah satu cara menggunakan produk kosmetik. Produk kosmetik saat ini menjadi kebutuhan utama sebagian besar Masyarakat terutama wanita, banyaknya trend produk kosmetik yang bermunculan dijual di toko retail dan online membuat lebih gampang membelanjakan uangnya untuk kebutuhan satu ini. Penelitian ini hanya berfokus pada produk bedak wajah, dan respondenya adalah wanita yang menggunakan produk bedak wajah di Kota Cilegon. Bedak adalah salah satu produk kosmetik yang banyak digunakan oleh wanita. Selain untuk penampilan, penggunaan bedak untuk tujuan melindungi kulit dari sinar ultraviolet.
Minat beli merupakan perilaku seseorang melakukan tindakan karena ada timbulnya keinginan yang mempengaruhi, maka perusahaan diperlukan menciptkan inovasi produk, kreativitas yang tinggi untuk menarik konsumen terhadap produk yang diinginkan dan dibutuhkan sehingga menumbuhkan minat beli konsumen. Semakin banyaknya orang yang menggunakan kosmetik, memberikan peluang bagi perusahaan untuk memanfaatkan keadaan ini sebagai lahan untuk mendapatkan keuntungan, karena minat beli konsumen terhadap produk kosmetik sangat dibutuhkan oleh generasi Z dan perusahaan berlomba-lomba dalam menciptakan produk kosmetik yang menawarkan keunggulan dan mempengaruhi minat beli konsumen untuk membeli produk kosmetik yang dibutuhkan.
Indikator minat beli meliputi transaksional, keinginan untuk membeli produk, Referensial, mereferensikan produk atau merekomendasikan produk, Preferensial, cenderung membeli produk tertentu, Eksploratif, mencari informasi tentang produk kemudian munculah niat pembelian setelah adanya minat, kemudian keputusan pembelian dipengaruhi oleh merek, pemasok, kuantitas, Keputusan waktu, metode pembayaran. dan minat beli bisa dipengaruhi oleh budaya (kelas sosial), sosial (status atau kelompok), pribadi (usia dan tahapan pola hidup, pekerjaan dan keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri, serta gaya hidup dan nilai) dan terakhir psikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran, emotions, memory)
Perusahaan menggunakan celebrity endorser untuk memberikan produk barang atau jasa kepada celebrity endorsement seperti public figure, beauty influncer atau yang memiliki pengaruh pada Masyarakat untuk menarik minat beli konsumen terhadap produk yang ditawarkan melalui iklan atau akun sosial media pribadi bisa menaruh dampak terhadap minat membeli, celebrity endorser yang mempunyai daya tarik yang tinggi dan populer akan lebih mudah menarik minat beli konsumen. Pixy mengendosrrs elebriti popular yang akun sosial medianya mempunyai follower yang banyak yaitu Mikha Thambayong. celebrity endorser ini bertujuan dapat mempengaruhi minat beli konsumen.
Rating Produk Top Brand Index Bedak Wajah dari Sumber: http://www.topbrand-award.com. Data Top Brand Index diketahui bahwa beberapa merek bedak kosmetik yang ada di Indonesia Pada tahun 2018-2019 pixy mengalami kenaikan 9.01% dan 7.9% dari pada merek maybeline 3.28% dan 7.4% tetapi tidak menempati posisi kenaikan yang lebih tinggi dari merek marcks 11.18% dan 28.6%, wardah 17,91% dan 19.4%, pigeon 29.84% dan 24.3%. Pada tahun 2020 Pixy mengalami kenaikan 7.6% dari pada maybeline 6.7% tetapi tidak menmepati posisi kenaikan lebih tinggi dari pada marcks 29.5%, wardah 21.2% dan pigeon 14.3%. Pada tahun 2021 dan 2022 Pixy mengalami penurunan 8.5% dan 8.1% dan merek lain tetap lebih tinggi dari pada pixy seperti marcks 21.5% dan 24.4%, maybeline 16.6% dan 12.8%, wardah 21.2% dan 20.2%, pigeon 14.3% dan 17.4%. Jika dilihat dari data Top Brands Index diatas pixy mengalami kenaikan dan penurunan disebabkan oleh berkurangnya minat konsumen terhadap merek pixy. Inovasi produk adalah produk, layanan, ide, dan persepsi baru seseorang. Inovasi adalah produk atau layanan yang dirasakan oleh konsumen tentang sesuatu yang baru.Â
Secara sederhana, inovasi dapat diartikan sebagai terobosan dalam hal produk baru. Inovasi juga dilihat sebagai mekanisme bagi perusahaan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis. Oleh karena itu, perusahaan diharapkan dapat mengembangkan dan menciptakan inovasi produk terbaru agar dapat unggul dalam persaingan dalam memberikan keinginan dan kebutuhan konsumen. Persaingan yang semakin ketat memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mendapatkan lebih banyak memilih produk yang dibutuhkan atau inginka Karena pada kenyataannya, persaingan di dunia bisnis semakin ketat mengarah ke lebih banyak alternatif yang tersedia bagi konsumen.Â
Perusahan kosmetik perlu melakukan inovasi dan menciptakan produk agar konsumen tidak berpindah ke merek lain.Perusahaan menggunakan celebrity endorser untuk menarik minat beli konsumen terhadap produk yang ditawarkan melalui iklan atau akun sosial media pribadi bisa menaruh dampak terhadap minat membeli, celebrity endorser yang mempunyai daya tarik yang tinggi dan populer akan lebih mudah menarik minat beli konsumen, mengendosrrs elebriti popular yang akun sosial medianya mempunyai follower yang banyak yaitu seperti Mikha Thambayong salah satu endors kosmetik brand Pixy dan beauty influncer lainnya . celebrity endorser ini bertujuan dapat mempengaruhi minat beli konsumen .Â
Inovasi produk  dapat dilnilai dari konsumen berupa Quality, kualitas produk hal yang penting untuk mempertahankan konsumen dalam hal keputusan pembelian, modification, Melakukan perubahan untuk meningkatkan produk atau menambahkan atau mengurangi ingredient/atribut produk, market need, Produk yang dibutuhkan pasar pada saat tertentu, product feature, Yaitu dengan fitur produk untuk menjadi evaluasi sehingga mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan. packaging, kemasan sangat penting untuk mempengaruhi konsumen dalam memberikan kesan dan fungsinya dalam produk, Uniqueness, Keunikan diperlukan untuk menjadi pembeda dengan merek pesaing.
Sikap merek (Brand Attitude) menjadi bahan pertimbangan yang cukup penting bagi konsumen, karena perusahaan memberikan kesan pada konsumen tentang produk yang ditawarkan yang dapat menimbulkan respon positif dan berpengaruh terhadap minat beli konsumen terhadap merek tersebut,menunjukan bahwa faktor inovasi produk, celebrity endorser dan brand attitude diduga memiliki dampak pada minat beli konsumen terhadap produk kosmetik. Celebirity Endorsment dalam memberikan informasi kepada konsumen harus mempunyai Trustworthiness (kepercayaan/dapat dipercaya), expertise (Keahlian), attractiveness (Daya Tarik), respect (Kualitas Dihargai),similarity (Kesamaan dengan Audience yang dituju) agar memberikan sikap merek kepada konsumen yang baik.