Ketegangan yang ada di sebagian bisnis internasional antara kebutuhan untuk mengurangi biaya dan, pada saat yang sama, menanggapi kondisi local, yang cenderung menaikkan biaya. Pada dasarnya, dunia menjadi lebih mengglobal dalam beberapa hal tetapi tetap berbeda dalam hal lain.Â
Sebuah strategi pemasaran global yang memandang konsumen dunia sebagai serupa dalam selera dan preferensi mereka agar konsisten dengan produk massal dari output yang terstandarisasi.
Secara strategis, fungsi dari pemasaran global suatu perusahaan perlu menentukan kapan standarisasi produk sesuai, bagaimana standarirasi itu dapat dilakukan, dan kapan tidak menjadi kepentingan teknik bisnis untuk menstandarkan produk terlalu banyak.Â
Dan, jika standarisasi produk itu sesuai, cara produk diposisikan di pasar, dan promosi serta pesan yang digunakan untuk menjual produk tersebut, mungkin masih harus disesuaikan kembali agar sesuai dengan konsumen lokal yang ada.
Pada tingkat tertentu, globalisasi kebutuhan produk dan jasa bergantung pada usia. Orang - orang muda menginginkan lebih banyak produk serupa di seluruh dunia dan berharap dapat membeli produk apapun dimana saja dan mendapatkannya dengan segera.Â
Globalisasi juga bergantung pada industry dimana beberapa industry lebih mungkin untuk mendapatkan standarisas produk dan nilai mereka.
Global Marketing
Global Marketing atau Pemasaran Global adalah sebuah  proses memprioritaskan bakat, aset fisik, dana, dan tujuan  perusahaan untuk menarik potensi dan mengambil tindakan terhadap ancaman pasar global.Â
Pasar ini tercipta dikarenakan konsumen yang lebih menyukai produk standal, harga yang relative murah, dan dengan adanya perusahaan global, maka dapat memanfaatkan jaringan operasi dunia mereka untuk bersaing dipasar global.
Kegiatan pemasaran juga dikenal sebagai Pemasaran Prestise, yang berlangsung di seluruh dunia. Peluang potensial untuk pemasaran global  selalu terbuka untuk semua pengusaha. Yang terpenting, wirausahawan harus mampu mengekspresikan inovasi dan kreativitasnya dalam pengembangan pasar.Â
Bagaimanapun, wirausahawan yang kuat adalah wirausahawan yang tidak  mudah menyerah ketika menghadapi tantangan bisnis yang begitu besar.