Curah pendapat atau brainstorming merupakan metode berdiskusi secara berkelompok yang tujuannya untuk mencari penyelesaian dari suatu masalah. Dalam metode curah pendapat, peserta didik akan dilatih untuk mampu berpikir kritis dan analis untuk menyelesaikan suatu masalah (problem solving). Penerapan metode ini dilakukan dengan berdiskusi secara berkelompok yang terdiri dari fasilitator, perekam, dan peserta diskusi. Terdapat 10 hingga 12 orang yang menjadi kelompok dalam metode ini, mereka nantinya akan berdiskusi dan menganalisis masalah agar dapat terselesaikan.
Metode pembelajaran curah pendapat memiliki keunggulan yang dalam proses pembelajaran. Keunggulannya berupa membuat situasi kelas menjadi disiplin, peserta didik menjadi aktif, melatih untuk berpikir kritis, dan meningkatkan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran. Keungggulan metode ini dirasa cocok sebagai jalan untuk diterapkan pada sistem pembelajaran sehari-hari.
Curah pendapat dianggap mampu untuk diterapkan dalam pembelajaran, khususnya pada pembelajaran orang dewasa. Pembelajaran orang dewasa berbeda dengan pembelajaran lainnya. Ciri dari pembelajaran ini adalah aktif dan saling berkontribusi dalam proses pembelajarannya. Curah pendapat menjadi salah satu metode yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran orang dewasa. Saling berdiskusi dan berperan aktif membuat orang dewasa lebih memaknai kegiatan pembelajaran.
 Lantas seberapa efektif metode curah pendapat pada pembelajaran orang dewasa?
Dalam penelitian Darning (2020), metode curah pendapat mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa pada suatu materi. Peningkatan signifikan sebesar 81,5% ditunjukkan setelah diterapkannya metode curah pendapat pada proses pembelajaran. Orang dewasa akan lebih mampu memahami sesuatu karena dirinya diajak untuk beraktif dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Berdasarkan bukti tersebut, metode curah pendapat mulai dapat diterapkan bagi pendidikan orang dewasa.
Metode curah pendapat sudah terbukti mampu untuk meningkatkan pemahaman seseorang. Keefektifan metode ini mampu membuat pembelajaran menjadi efektif karena proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Orang dewasa akan lebih paham dengan penerapan metode pembelajaran yang interaktif dan tidak monoton pada satu pusat saja.
Jawaban dari keefektifan belajar pada orang dewasa adalah dengan penerapan metode pembelajaran yang aktif dan berkontribusi satu dengan yang lainnya. Pembelajaran orang dewasa yang lebih dominan pada student centered learning membuat pembelajaran harus di desain agar sesuai dengan tujuan dan capaian belajarnya. Curah pendapat adalah solusi dari permasalahan keefektifan belajar bagi orang dewasa. Metode ini mampu untuk membuat pembelajaran menjadi lebih efektif.
Referensi:
Darningwati, D., Lestari, Y., & Sulistyo, B. (2020). KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS TEKS BERITA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1), 52-66.
Dewi, N. P. K., Wendra, I. W., & Putrayasa, I. B. (2019). Penggunaan Metode Curah Pendapat Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Di Kelas X Ipa 2 Sma Negeri 1 Sawan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H