Mohon tunggu...
Afina Rizqi Prianto
Afina Rizqi Prianto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

ENFP-T

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Lebih Dekat Sosok Tegas dan Jenaka: Pak Ikhsan Ahmad

23 Mei 2024   15:55 Diperbarui: 23 Mei 2024   16:25 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dalam perjalanan akademis setiap mahasiswa, pasti ada beberapa dosen yang meninggalkan kesan maupun pesan mendalam, bukan hanya karena ilmu yang mereka berikan, tetapi juga karena kepribadian dan pendekatan mereka selama mengajar. Salah satu dosen yang memenuhi kriteria hal tersebut di dalam benak saya adalah Pak Ikhsan Ahmad. Pak Ikhsan sempat mengajar saya sewaktu duduk di bangku semester pertama saya di perkuliahan, sejak saat itu Pak Ikhsan Ahmad cukup meninggalkan jejak tak terlupakan bagi saya karena memberikan pengalaman yang berharga dan berkesan.

Pertama kali saya bertemu Pak Ikhsan Ahmad adalah pada semester satu, ketika beliau mengajar mata kuliah Pengantar Ilmu Politik. Pada pertemuan pertama kala itu, kesan yang beliau tinggalkan adalah seorang dosan yang memilki kepribadian tegas dan langsung pada intinya. Beliau mengawali kelas dengan memperkenalkan diri lalu segera menyampaikan silabus dan ekspektasinya terhadap para mahasiswa yang berada dihadapannya dengan informasi yang jelas dan padat mengenai akan apa yang akan dipelajari kedepannya serta secarik harapannya terhadap kami.

Gaya mengajar Pak Ikhsan yang tegas ini awalnya membuat saya dan teman-teman merasa takut. Setiap kali ada jadwal beliau mengajar pasti terasa sangat tegang terlebih lagi ketika beliau sudah memasuki ruang kelas, suasana langsung berubah menjadi serius. Tidak ada yang berani menganggap enteng mata kuliah beliau. Energi yang dipancarkan beliau memotivasi kami untuk selalu mempersiapkan dengan baik dan memberikan yang terbaik dalam setiap sesi kelas beliau.

Namun, di balik aura ketegasannya tersebut, ada sisi lain yang membuat beliau sangat menginspirasi saya yaitu, metode mengajar yang cukup jelas dan sistematis. Beliau mampu membagi topik yang kompleks menjadi bagian-bagian yang cukup mudah dipahami, sehingga saya bisa mengikuti alur pembelajaran dengan baik. Selain itu, beliau juga selalu terbuka untuk berdiskusi dan pertanyaan, meskipun jawabannya kerap singkat, padat dan jelas tanpa basa-basi.

Pada semester empat, saya kembali diajar oleh Pak Ikhsan Ahmad, kali ini untuk mata kuliah Penulisan Berita dan Penulisan Kreatif. Di sinilah saya mulai melihat sisi lain dari beliau yang sebelumnya belum pernah saya lihat sama sekali. Ternyata, di balik ketegasan, kepadatan dan kedisiplinannya, Pak Ikhsan memiliki sisi jenaka yang sangat menghibur.

Selama sesi perkuliahan, beliau sering menyisipkan lelucon-lelucon cerdas yang membuat suasana kelas menjadi lebih santai dan menyenangkan. Misalnya, saat menjelaskan teknik berita dengan judul yang menarik, beliau tidak segan untuk membuat contoh-contoh yang bersifat lucu namun relevan. Hal ini tidak hanya membuat kamu tertawa, tetapi juga membantu kami lebih mudah memahami materi yang disampaikan dengan cara yang unik dan tidak membosankan.

Sikap jenaka Pak Ikhsan ini menjadi penyeimbang yang sempurna bagi ketegasan yang beliau tunjukkan. Saya dapat belajar banyak hal dari beliau karena ketika sesi kelas, beliau cukup informatif dalam menjelaskan materi. Semua hal yang beliau ajarkan sangat berkesan karena banyak pelajaran yang dapat diambil untuk diterapkan kedepannya. Mulai dari tata penulisan teks opini hingga teks berita. Dari yang awalnya saya berpikir dunia penulisan terasa sangat mudah menjadi hal yang harus cukup memilki keterampilan dan pengetahuan akan hal tersebut. Selain itu, akhir-akhir ini saya telah belajar tata cara podcast yang baik dan benar dan saya juga ikut serta merasakan sensasi podcast di studio langsung, hal ini cukup menegangkan di awal tetapi setelah cukup lama ternyata saya mulai menikmati alur podcast yang sedang saya jalankan karena syarat untuk menikmati alurnya adalah cukup menjadi diri sendiri. Semua hal di mata kuliah Pak Ikhsan memang sangat menambah wawasan meskipun awalnya kami merasa tegang setiap kalo masuk kelas, lambat laun kami mulai terbiasa dan bahkan menantikan momen-momen lucu yang hadir di setiap sesi kelas Pak Ikhsan. Kombinasi antara ketegasan dan humor ini membuat pengalaman belajar menjadi lebih menyenangkan dan berkesan.

Pak Ikhsan Ahmad adalah contoh sempurna dari seorang pendidik yang mampu menginspirasi mahasiswa dengan pendekatan yang unik. Beliau tidak hanya seorang dosen, tetapi juga seorang yang membantu membentuk karakter mahasiswa untuk lebih disiplin, penuh tanggung jawab, dan kreatif. Nilai-nilai disiplin yang beliau tanamkan mengajarkan saya untuk selalu mempersiapkan diri dengan baik dan menghargai waktu, sementara jika dilihat dari sisi jenaka, beliau mengajarkan kami untuk menikmati proses belajar supaya terasa tidak membebankan. Selain itu, Pak Ikhsan juga sangat peduli terhadap perkembangan akademis dan pribadi mahasiswa. Beliau selalu mengingatkan hal-hal yang konstruktif yang membantu memahami kelebihan maupun kekurangan mahasiswanya. Hal ini sangat membantu untuk terus berkembang dan bersemangat dalam tiap proses pembelajaran.

Pak Ikhsan Ahmad adalah dosen yang luar biasa dan telah memberikan dampak positif yang besar dalam perjalanan akademis saya selama perkuliahan ini. Ketegasan beliau membentuk karakter bertanggung jawab di dalam diri saya, banyak sekali perubahan karakter positif yang beliau tanamkan ke dalam diri saya.

Pengalaman diajar oleh beliau adalah salah satu yang paling berkesan dan berharga dalam hidup saya. Pak Ikhsan bukan hanya seorang dosen yang sedang mengajarkan mata kuliah, tetapi juga seorang mentor yang memiliki seribu hal untuk diinspirasikan. Bimbingan beliau menuntun saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Saya merasa sangat beruntung bisa merasakan ilmu yang beliau sebarkan melalui mata kuliah ini dan saya yakin banyak mahasiswa lain merasakan hal yang sama.

Pak Ikhsan Ahmad, seseorang dengan segala kelebihan dan cara pendekatannya yang terbilang unik. Beliau merupakan contoh ideal dari seorang pendidik yang patut dijadikan sebagai tokoh inspirasi dan pembangkit semangat para mahasiwa. Saya berharap beliau terus berkontribusi dalam dunia pendidikan untuk lebih banyak membantu memberikan inspirasi generasi muda untuk mencapai potensi terbaik mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun