Mohon tunggu...
Afina KhofianiTazkia
Afina KhofianiTazkia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Perpustakaan

Saat ini saya sedang menempuh pendidikan S1 Ilmu Perpustakaan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tingkatkan Literasi Anak, Mahasiswa KKN TIM II Undip Melakukan Pengembangan Koleksi dan Pojok Baca

17 Agustus 2023   21:37 Diperbarui: 17 Agustus 2023   21:48 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Klaten (09/08/2023) - Memiliki kemampuan dalam membaca dan memahami bacaan adalah hal dasar yang harus dimiliki oleh seluruh kalangan masyarakat. Peningkatan kemampuan membaca tentunya membawa dampak yang signifikan bagi perkembangan literasi seseorang. Pengasahan kemampuan membaca haruslah dimulai sejak dini.

Oleh karena itu Mahasiswa KKN TIM II Undip, Afina Khofiani Tazkia melakukan program kerja yang berjudul "Pengembangan Koleksi untuk Mendukung Kemampuan Literasi Anak". Kegiatan ini berlangsung di Taman Kanak-kanak Pertiwi Bentangan dengan fokus utama yaitu meningkatkan kemampuan literasi anak melalui buku cerita bergambar.

Koleksi cerita bergambar yang telah dikumpulkan, kemudian diserahkan kepada pihak Taman Kanak-kanak Pertiwi bentangan. Selain pengembangan koleksi, kenyamanan dalam belajar dan membaca turut menjadi faktor utama dalam peningkatan literasi anak. Maka dibentuklah pojok baca dengan dekorasi yang sesuai untuk anak-anak jenjang pendidikan taman kanak-kanak.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Pengadaan buku buku bergambar serta pojok baca adalah langkah yang tepat sebagai bentuk awal dari perkenalan membaca. Dengan koleksi yang cukup dan tempat yang nyaman akan mempermudah anak-anak dalam memahami bacaan, sehingga kemampuan literasi anak akan terus berkembang.

Penulis: Afina Khofiani Tazkia

Dosen Pembimbing: Dr. Eng. Agus Setyawan S.Si., M.Si.

Lokasi KKN: Desa Bentangan

KKN TIM II Universitas Diponegoro 2022/2023

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun