Di bulan Ramadhan 2023 #JNE turut berbagi keberkahan. Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, perusahaan nasional di bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian yang berdiri sejak tahun 1990 tersebut memiliki tujuan memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat luas. Di antara aksi kolaborasi itu adalah membagi-bagikan 10.000 bingkisan takjil.Â
Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 24 Maret--14 April 2023 ini dilakukan di 12 Kantor Cabang Utama, yaitu Jakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, Bekasi, Semarang, Pontianak, Makassar, Palembang, Medan, Yogyakarta, dan Denpasar.Â
Adapun acara puncak bagi-bagi takjil dilakukan pada tanggal 14 April 2023 di sekitar area Jalan Tomang Raya, Jakarta Barat. Pada kesempatan itu lebih dari 2.000 lebih bingkisan takjil dibagikan kepada masyarakat sekitar, pedagang dan UMKM, serta pengendara roda dua dan empat yang melintas.Â
Untuk menyemarakkan acara bagi-bagi takjil tersebut, #JNE yang telah memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance, menampilkan komunitas sepeda BMX, Street Dance, dan ikon badut JONI.
Untuk kegiatan bagi-bagi takjil tahun ini, #JNE selaku perusahaan nasional di bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian mengajak Wahyoo untuk berkolaborasi kembali. Terhitung sejak tahun 2020 lalu JNE Â bekerjasama dengan Wahyoo, perusahaan startup yang berfokus pada digitalisasi dan modernisasi UKM kuliner tersebut dalam berbagai program positif kemanusiaan.
 Adapun tujuan program ini adalah membantu dan mendukung mitra rumah makan serta UKM binaan Wahyoo agar tetap eksis dalam menjalankan roda usahanya. Dengan demikian dapat membantu meningkatkan perekonomian mereka. Hal ini sesuai dengan niatan JNE untuk menghidupkan semangat #JNEBangkitBersama yang diluncurkan pada peringatan #JNE32Tahun melalui program-program CSR yang dijalankannya. Dimana JNE ingin memberikan dampak positif pada masyarakat sekitar.
Eri Palgunadi selaku VP of Marketing JNE menyampaikan bahwa kegiatan bagi--bagi takjil rutin JNE lakukan di setiap momen Ramadan.
"Pada tahun ini program bagi-bagi takjil dilaksanakan dengan tujuan untuk mendukung keberlangsungan UKM, sehingga dapat terus merasakan manfaatnya," terang Eri Palgunadi.
Menurut VP of Marketing JNE hal itu sesuai dengan tagline #ConnectingHappiness. Lebih dari sekadar tagline, Rupanya JNE pun ingin berbagi melalui berbagai program-program menarik sebagai bentuk dukungan nyata kepada semua pihak. Dengan demikian JNE dapat membantu meningkatkan perekonomian nasional.
Perlu diketahui pada akhir tahun 2012, JNE yang telah memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres. Tahun berikutnya tepatnya 2013, JNE mulai berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Setahun setelahnya yaitu tahun 2014, JNE melakukan optimalisasi Mobile Applications untuk meningkatkan service berupa trace tracking kiriman, kemudahan transaksi digital, Free Pick up dan COD.
 Tidak hanya itu saja gebrakan yang dilakukan oleh JNE. JNE kemudian membangun E-Fulfillment di beberapa cabang yaitu Warehouse  Management System yang terintegrasi terkait warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management dan delivery, menjadi solusi lengkap untuk para UKM di seluruh Indonesia di tahun 2017.Â
Bahkan untuk menyikapi perkembangan e-commerce, UKM dan perubahan daya beli masyarakat yang berubah sangat cepat serta dinamis makan di tahun 2020, JNE lantas membangun Mega Hub JNE di area Bandara Internasional Soekarno -- Hatta. Dibangun diatas tanah seluas 4 hektar, Mega Hub JNE (Automatic Sorting Center and Gateway System) ini akan memiliki kapabilitas menangani ratusan ribu paket per hari.Â
Terkait perluasan jaringan, Saat ini JNE sudah memperluasnya hingga lebih dari 8000 titik layanan di seluruh Indonesia untuk mendorong kemajuan UKM dan meningkatkan perekonomian nasional. Sementara itu  Peter Shearer S, CEO Wahyoo mengatakan ,"Pada bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah ini menjadi momen yang baik bagi Wahyoo untuk kembali melakukan inisiasi program kebaikan bersama JNE."
Pada kesempatan tersebut ia memaparkan jika Wahyoo memiliki semangat yang sama dengan JNE, yaitu salah satunya memberikan dampak yang positif dengan menyalurkan ungkapan kepedulian terhadap sesama. Wahyoo sendiri memang berkomitmen dalam membantu mengembangkan bisnis para pemilik usaha UKM kuliner di Indonesia.Â
Selain layanan e-supplies dan micro financing, Wahyoo juga fokus mengembangkan Wahyoo Kitchen Partners yang bertujuan untuk membantu menghasilkan pendapatan yang lebih besar sekaligus meningkatkan loyalitas mitranya. Mitra yang bergabung dengan Wahyoo Kitchen Partners dapat memilih kemitraan dengan brand-brand kuliner seperti Bebek Goreng Bikin Tajir, Bakso Bikin Tajir, Ayam Paduka, Senang Hatea dan yang baru saja launch adalah Ajayib Chicken. Ke depannya Wahyoo Kitchen Partners akan terus menambah brand dan saat ini tercatat sekitar 300 restoran kecil dari 27.000 mitra Wahyoo telah bergabung dengan Wahyoo Kitchen Partners.
"Membawa brand terbaru dari Wahyoo yaitu Senang Hatea, diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat sekaligus membantu pelaku usaha (UMKM) mitra Wahyoo agar tetap senang hati", tutupnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H