Assalamualaikum wr.wb
Saya Afifin Dwi Amaliya mahasiswa dari IAIN Jember akan menjelaskan sedikit tentang filsafat progresivisme, tokoh-tokoh filsafat progresivisme dan konsep kurikulum filsafat progresivisme.
Filsafat progresivisme merupakan teori yang muncul dalam reaksi terhadap pendidikan tradisional yang selalu menenkankan kepada metode formal pengajaran. pada dasarnya teori ini menekankan beberapa prinsip, salah satunya proses pendidikan berawal dan berfikir kepada peserta didik.
Tokoh-tokoh filsafat progresivisme
1. William James
Menurutnya menegaskan fungsi otak itu dipelajari sebagai bagian dari mata pelajaran pokok ilmu pengetahuan.
2. Jhon Dewey
Menurutnya sekolaha lebih menekankan pada anak didik dan minatnya daripada pelajarannya sendiri.
3. Hans Vaihinger
Menurutnya tahu itu hanya mempunyai arti praktis persesuaian dengan obyeknya tidak mungkin dibuktikan.
Konsep kurikulum filsafat progresivisme yaitu tidak beku dan dapat direvisi sehingga yang cocok adalah kurikulum yang berpusat pada pengalaman.