Mohon tunggu...
Afif Darmawan
Afif Darmawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Saya adalah mahasiswa di salah satu kampus terbaik di Jakarta yang memiliki ketertarikan dalam bidang seni, saya adalah orang yang disiplin, teliti, bertanggung jawab, dan dapat berkomunikasi dengan baik

Selanjutnya

Tutup

Sosok

Apa itu INFLUENCER

30 November 2024   14:31 Diperbarui: 30 November 2024   14:31 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosok Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

"Influencer" adalah orang-orang seperti pakar, superstar, blogger, YouTuber, dll. yang memiliki banyak penggemar, menarik perhatian orang lain melalui hiburan virtual, dan memiliki kekuatan persuasif yang besar terhadap orang-orang yang mengikuti mereka. Mereka disukai dan dipercaya oleh pendukung dan pemirsanya. Tindakan, perkataan, dan pakaian mereka memengaruhi pengikutnya dan mendorong mereka untuk membeli produk serupa. (Fauzi et al., 2024) Influencer dapat dengan mudah meyakinkan pengikutnya begitu mereka tertarik. influencer mempunyai pengaruh yang besar terhadap industri dan platform sosial media tertentu. Peran seorang influencer membuat mereka menaruh kepercayaan yang besar kepada audiensnya. Banyak influencer yang mampu menjalin hubungan baru dengan audiensnya berkat life sytle yang mereka hadirkan. Influencer berinteraksi dengan audiensnya dalam bentuk pengikut, berbagi kisah pribadi, membangun lebih banyak hubungan pribadi, dan mempromosikan produk yang sedang tren. Hal ini dibuktikan dengan peran influencer yang dapat mempengaruhi audiensnya untuk membeli produk, mengunjungi website, dan mengikuti akun yang direkomendasikan. Peran influencer tidak hanya berpengaruhi pada tren saat ini, tetapi juga mendorongnya maju. Karena segala sesuatu yang digunakan dan didukung oleh seorang influencer sering kali diikuti oleh pemirsa dan pengikutnya. (Anggoroningtyas & Adha, 2024)

DAFTAR PUSTAKA

Anggoroningtyas, N., & Adha, S. (2024). Penggunaan Influencer Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Belanja Online Tiktok. ... Ilmu Manajemen, Bisnis Dan ..., 1(5), 110--116. https://malaqbipublisher.com/index.php/JIMBE/article/view/216%0Ahttps://malaqbipublisher.com/index.php/JIMBE/article/download/216/227

Fauzi, A., Saing, B., Nazira, N. A., Putri, S. A., Pangeswati, S. O., Nurhasanah, S. D., Maharani, S., & Theresia. (2024). Peran Dan Fungsi Influencer Di Media Sosial. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 2(1), 1--16. https://doi.org/10.61597/jbe-ogzrp.v2i1.16

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun